TRANSFORMASI PEMBELAJARAN: MEMBANGUN LITERASI DAN NUMERASI UNGGUL MELALUI KOMPETENSI TPACK GURU DI UPT. SD NEGERI 03 PERKEBUNAN SIPARE-PARE
Abstract
Transformasi pembelajaran di era digital menuntut penerapan teknologi informasi yang efektif dalam proses pendidikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun literasi dan numerasi unggul melalui penerapan kompetensi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) oleh para guru di UPT. SD Negeri 03 Perkebunan Sipare-Pare. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan kompetensi TPACK dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui 4 kegiatan yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa integrasi kompetensi TPACK dalam proses pembelajaran memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Guru yang menguasai TPACK dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih optimal dalam mengajar, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan efektif. Kegiatan ini merekomendasikan peningkatan pelatihan TPACK secara berkelanjutan bagi para guru sebagai langkah strategis untuk mencapai pendidikan yang lebih berkualitas di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, P., Karo, Z. B., Herawati, H., & Syahrial, S. (2024). Analisis Peningkatan Keterlibatan Siswa Melalui Pendekatan TPACK Dalam Proses Belajar Mengajar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(3), 181–190.
Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 9257–9267.
Fitriani, T., Fauziah, A., & Rachman, I. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar untuk Membangun Kualitas Pendidikan di Bawah Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 8(1), 1–14.
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru.
Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.
Nisa, K., & Aryni, Y. (2023). Development of a Scientific Writing Book based on TPACK to Support the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1257–1269.
Nisa, K., Indah, M., Purba, R. R., Ramadani, Y., Erika, J., Marpaung, K., Kholizah, S., Sianturi, A. S., Risdhani, M., & Rusmilah, R. (2023). Meningkatkan literasi dan numerasi siswa sd melalui pemanfaatan media pembelajaran daur ulang. RAMBATE, 3(2), 152–159.
Nisa, K., Ramadhan, S., & Thahar, H. E. (2023a). Students ’ Perceptions of The Effectiveness of the 5E Learning Cycle and Problem-Based Learning Based on TPACK in Writing Scientific Article. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4711–4722. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3832
Nisa, K., Ramadhan, S., & Thahar, H. E. (2023b). Perspectives of FKIP students of asahan university regarding the ability of TPACK lecturers. Proceeding of 3nd International Conference on Research and Development (ICORAD 2023) Indonesia, 3, 66–77. https://doi.org/10.47841/icorad.v2i2.148
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Rita, O. O., & Guspatni, G. (2024). Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran kimia, Tinjauan Pustaka: Bentuk-bentuk, Hambatan dan Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18552–18562.
Said, S. (2023). Peran Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194–202.
Sakti, A. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui teknologi digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219.
Sirait, S., Syafitri, E., & Nisa, K. (2023). The Development of Animation-Based Learning on Students’ Numeracy Literacy Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1696–1705.
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5031-5040
Refbacks
- There are currently no refbacks.