PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DETA RANCAK DAN TINGKULUAK KREASI PADA SANGGAR SENI PERMATA HATI KELURAHAN PARUPUK TABING

Gusrino Yanto, Sari Puspita, Nency Extise Putri, Muhammad Farhan, Dela Apria Masni

Abstract


Deta adalah penutup kepala untuk laki-laki dan tingkuluak adalah penutup kepala bagi wanita. Pemakaian deta dan tingkuluak merupakan bentuk pelestarian budaya Minang Kabau di Sumatera Barat. Sanggar Seni Permata Hati di Kelurahan Parupuak Tabing Kota Padang Sumatera Barat Mempunyai berbagai jenis deta dan tingkuluak seperti: deta saluak batimbo, deta ameh, dan deta cilien manurun. Sedangkan jenis tingkuluak yaitu: tingkuluak tanduak, tingkuluak balapak, tingkuluak balenggek, tingkuluak sapik udang, dan tingkuluak talakuang. Dalam menjalankan usaha dan memasarkan deta dan tingkuluak dan demi melestarikan budaya, sanggar seni permata hati mengalami beberapa masalah. yaitu: Minimnya pengetahuan mitra dalam pemanfaatan teknologi informasi dan internet, Belum adanya website E-Commerce sebagai platform untuk memasarkan produk, Belum menggunakan teknik Digital marketing dalam memasarkan produk, belum mengetahui Metode Search Engine Optimization (SEO) sebagai salah satu metode yang populer pada digital Marketing. Solusi dari permasalahan yaitu: Memberikan pelatihan tentang pemanfaatan Teknologi dan Internet kepada Mitra Sanggar Seni Permata Hati. Mengimplementasikan website E-Commerce sebagai platform untuk memasarkan produk. Memberikan pelatihan dan mengimplemetasikan Digital Marketing. Mengimplementasikan metode Search Engine Optimization (SEO) untuk menunjang website E-Commerce dengan Digital Marketing dan Metode pelaksanaannya yaitu:Persiapan berupa: Menggali informasi kebutuhan Mitra, Penetapan Materi dan Peserta Pelatihan, Penyiapan Materi,Pelatihan TOF (Training Of Facilitator) dalam hal ini adalah membangun website E-Commerce dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL dan menerapakan metode SEO menggunakan plugin yoast SEO. Evaluasi dan Pelaporan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini melibatkan dua orang mahasiswa dari prodi sistem informasi, ke dua mahasiswa ini terlibat penuh dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mulai dari perencanaan, sampai evaluasi kegiatan.

Keywords


E-Commerce, Digital Marketing, SEO

Full Text:

PDF

References


Alwendi. (2020). Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis.

Dr. Indra Utama. (2019, November). Fungsi Tingkuluak Atau Deta Bagi Masyarakat Minang Kabau. Sumbarsatu.Com.

Gusrino Yanto, Yopi Eka Anroni, & Muhammad Idris. (2019). Sistem Informasi Penjualan Produk Baju pada Toko Inyiak Padang Berbasis Web. Rangteknik Journal.

Hasbullah, & Muchtar. (2022). Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(4), 826–831. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/12122/2287

Hutri Rizki Amelia, Yulia Novita, Hendra Saputra, Fatmawati, & Delwina Helmi. (2023). Eksistensi Kerajinan Tenun Pandai Sikek di Sumatera Barat. El-Jughrafiyah.

Lila Bismala. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Enterpreneur Dan Entrepreneurship.

Mardhiya Hayaty, & Dwi Meylasari. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) sebagai Media Promosi. Jurnal Informatika.

Nizar Haris Masruri. (2022). Kajian Metode SEO Berbasis One-Page Sebagai Strategi meningkatkan Visibilitas Website Di SERP. Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5041-5048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.