PENGOLAHAN KEMIRI MENJADI PRODUK SERBAGUNA SERTA PENDAMPINGAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK TANI MAKKARESO DESA ONANG
Abstract
Hasil komoditi di Desa Onang salah satunya yang menjadi fokus pengembangan yaitu Kemiri yang berhasil dibudidayakan oleh Kelompok Tani Makkareso. Hanya saja, Kelompok Tani Makkareso hanya mengetahui tentang bagaimana membudidayakan tanaman kemiri kemudian hasil mentahan dari kemiri dijual kepada tengkulak dengan harga relatif murah. Dan juga kendala utama yang dihadapi kurangnya pemahaman pencatatan laporan keuangan, dan pemasaran produk masih dilakukan dari mulut ke mulut sehingga produksi masih bersifat Pre Order. Kegiatan Pengabdian bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan tata kelola keuangan dan pemasaran berbasis digital. Pelatihan dan pendampingannya berupa penyusunan laporan keuangan sederhana dan pemasaran melalui digital (media social dan e-commerce). Metode pelaksanaan pengabdian yaitu pelatihan dan pendampingan dengan strategi kronologis/fenomena. Tahapan Metode pelaksanan pengabdian ini yaitu identifikasi masalah, analisis kebutuhan dan solusi, pelatihan/pengenalan, pendampingan/implementasi yang melibatkan semua anggota kelompok tani, dan monitoring evaluasi untuk memantau dan membantu kelompok tani. Pelaksanaan pengabdian pada kelompok Tani Makkareso telah berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang positif dari seluruh anggota kelompok. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang baik diharapkan akan mendorong kelompok Tani Makkareso untuk penyusunan laporan keuangan dan pemasaran produk dengan memanfaatkan platform media digital. Adapun hasil yang diharapkan dapat diperoleh dari pengabdian ini adalah kemampuan anggota kelompok tani dalam menghasilkan produk berbahan dasar kemiri, dan meningkatnya penjualan produk Kelompok Tani Makkareso, meningkatnya pemahaman dalam tata kelola keuangan yang baik. Oleh karena itu hasil tersebut diharapkan berdampak pada kesejahteraan ekonomi Kelompok Tani Makkareso. Pelaksanaan pengabdian telah berjalan dengan baik mendapatkan respon positif dan juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mitra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brutu, Selli Novianna, dkk (2022). Pemanfaatan Ampas Biji Kemiri (Aleurites Moluccana(L) Willd) Untuk Formulasi Pembuatan Lulur dengan Penambahan Scrubber Arang Tempurung Kemiri. Chemical Engineering Journal Storage. Vol. 2 No.2 ,87–101
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Hasibuan NS, Siregar M, Pasaribu SE, Lubis K. 2022. Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengelola Kemiri Sebagai Produk Wirausaha di Silimalombu Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(2):259-65.
Ita Mustika, & Ferdila, F. (2022). Pengenalan Standar Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM pada UMKM di Kota Batam. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora, (2), 36–43.
Monoarfa, V. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Akuntansi Pesantren. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(1), 84–88.
Mukhsin M. Manfaat Penerapan
Marketing Online (Menggunakan
ECommerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Teknokom. 2019;2(1):1-0
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4943-4952
Refbacks
- There are currently no refbacks.