PELATIHAN KECERDASAN BUATAN UNTUK PEMBELAJARAN DAN ADMINISTRASI GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI 16 KOTA TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan melalui teknologi kecerdasan buatan (AI) menjadi fokus penting dalam PKM ini. Pelaksanaan PKM di SMP Negeri 16 Kota Tidore Kepulauan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan AI khususnya ChatGPT untuk mendukung pembelajaran Matematika dan administrasi guru. Metode yang digunakan adalah pelatihan teori, praktek, dan pendampingan. Hasil menunjukkan pelatihan ini efektif, dengan peningkatan skor posttest yang signifikan dibandingkan pretest, Gain Score rata-rata 20.0, dan Effect Size 1.395. Uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest (p = 0.0000000000645). Pelatihan AI ini berhasil meningkatkan keterampilan guru, berdampak positif pada kualitas pembelajaran Matematika di sekolah, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, serta membantu guru dalam tugas pengajaran. diharapkan kegiatan ini menciptakan budaya belajar yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi dan lingkungan belajar yang inovatif. Dukungan teknologi AI ini membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan, sehingga mampu meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran Matematika
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akavova, A., Temirkhanova, Z., & Lorsanova, Z. (2023). Adaptive learning and artificial intelligence in the educational space. E3S Web of Conferences, 451. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202345106011
Akgun, S., & Greenhow, C. (2022). Artificial Intelligence (AI) in Education: Addressing Societal and Ethical Challenges in K-12 Settings. Proceedings of International Conference of the Learning Sciences, ICLS .
Alamin, F., & Sauri, S. (2024). Education in the Era of Artificial Intelligence: Axiological Study. Progres Pendidikan, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i2.423
He, X. (2024). Boosting Educational Reform with ChatGPT: Opportunities, Challenges, and Implications for Teachers’ Coping Strategies. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-122-7_21
Korkmaz Guler, N., Dertli, Z. G., Boran, E., & Yildiz, B. (2024). An artificial intelligence application in mathematics education: Evaluating ChatGPT’s academic achievement in a mathematics exam. Pedagogical Research, 9(2). https://doi.org/10.29333/pr/14145
Lee, J., Hong, M., & Cho, J. (2024). Development of a Content Framework of Artificial Intelligence Integrated Education Considering Ethical Factors. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 14(1). https://doi.org/10.18517/ijaseit.14.1.19558
Lee, Y., & Cho, J. (2021). Development of an artificial intelligence education model of classification techniques for non-computer majors. International Journal on Informatics Visualization, 5(2). https://doi.org/10.30630/joiv.5.2.552
Murad, I. A., Surameery, N. M. S., & Shakor, M. Y. (2023). Adopting ChatGPT to Enhance Educational Experiences. International Journal of Information Technology and Computer Engineering, 35. https://doi.org/10.55529/ijitc.35.20.25
Shehri, F. A., Maham, R., Malik, A., & Saif, O. Bin. (2023). Effects of ChatGPT on Students Academic Performance:Mediating Role of Prompt Engineering. The Asian Bulletin of Big Data Management, 3(2), 137–147. https://doi.org/10.62019/abbdm.v3i2.58
Vasoya, N. H. (2023). The Role of Parents and Educators in Managing the Risks of Artificial Intelligence. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(4). https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v41i4899
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4782-4792
Refbacks
- There are currently no refbacks.