PENGGUNAAN CHATGPT UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chandra, N. E., Listia, R., Rosalina, E., Aprilia, R. D., Devisasmita, K. R., & Laheba, S. M. V. (2022). Pendampingan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Masa Pandemi Covid 19 Pada Guru-Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Banjarbaru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4325
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia.
Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan Chatgpt Dalam Tinjauan Pendidikan Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090
Mbakwe, A. B., Lourentzou, I., Celi, L. A., Mechanic, O. J., & Dagan, A. (2023). ChatGPT passing USMLE shines a spotlight on the flaws of medical education. PLOS Digital Health, 2(2), e0000205. https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000205
Nurhayati, Hasjim, M., Nursa’adah, S., & Indarwati. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Pemaksimalan Penggunaan Mendeley Bagi Guru-Guru SMP Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 480–485. http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/13605
OpenAI. (2022). OpenAI. https://openai.com/chatgpt/
Sa, I., Adian, G., Saidan, K., Fara, J., & Nabila, Z. (2023). Pelatihan Guru di SMPN 2 Balongbendo Sidoarjo melalui Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Media Pendukung Google Scholar dan Mendeley (GSM). SEWAGATI, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 989–997. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index
Saputra, R. (2023). 6 Alasan Guru Dapat Menggunakan ChatGPT Sebagai Pelatihan dan Sarana Mencari Ide Kreatif dalam Mengajar. GuruInovatif. https://guruinovatif.id/artikel/6-alasan-guru-dapat-menggunakan-chatgpt-sebagai-pelatihan-dan-sarana-mencari-ide-kreatif-dalam-mengajar?username=romisaputra
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Winarno, S. (2023). ChatGPT dan Potensi Plagiasi. MALANG POSCO MEDIA. https://malangposcomedia.id/chatgpt-dan-potensi-plagiasi/
Kurikulum, BalitbangDepdiknas.
Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.
Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4630-4641
Refbacks
- There are currently no refbacks.