PENINGKATAN WAWASAN BISNIS MELALUI PENGENALAN BMC DAN PENGHITUNGAN BEP KEPADA PESERTA DIDIK LEMBAGA PENDIDIKAN WEARNES MALANG

Yuniar Fitriyani, Tin Agustina Karnawati, Layli Dwi Rohmatunnisa’, Murtianingsih Murtianingsih

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan bisnis peserta didik di Lembaga Pendidikan Wearnes Malang melalui pengenalan Business Model Canvas (BMC) dan penghitungan Break Even Point (BEP). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk membekali siswa dengan pengetahuan praktis mengenai perencanaan bisnis yang efektif dan analisis keuangan dasar yang diperlukan dalam dunia usaha. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode penyuluhan, diskusi interaktif, dan peserta langsung mempraktekkan saat penyusunan BMC di kertas canvas dan perhitungan BEP. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap konsep dan aplikasi BMC serta BEP dalam konteks bisnis. Sebelum mengikuti kegiatan, mayoritas peserta memiliki pemahaman yang terbatas mengenai struktur bisnis yang efektif dan cara menganalisis titik impas. Setelah kegiatan, peserta tidak hanya mampu menyusun BMC yang komprehensif tetapi juga dapat menghitung BEP dengan tepat, yang merupakan indikator penting dalam menilai kelayakan bisnis. Dampak dari kegiatan ini selain bisa menambah keterampilan teknis peserta didik, tetapi juga berhasil memotivasi mereka untuk berpikir kritis, berinovasi dan kreatif dalam merencanakan bisnis.

Keywords


Wawasan Bisnis, BMC, BEP

Full Text:

PDF

References


Daroin, A. D., Andriani, D. N., Sari, N. E., Putra, K. P. A., & Wardana, A. Y. (2023). Pelatihan Strategi Business Model Canvas (BMC) pada Usaha Brem UD. Duta Rasa Madiun. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 213–225. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i1.1842

Elisa, E., Lisnini, L., Purnamasari, K., & Alfitriani, A. (2023). Pelatihan Perhitungan Break Even Point (BEP) pada Usaha Rajutan Mak Wo Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), Article 6. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.280.

Erari, A., & Kuddy, A. L. (2022). Pelatihan Break Even Point Analysis Sebagai Alat Perencanaan Laba Bagi Pelaku Usaha Pemula: Strategi Keuangan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. Cenderabakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 64–71. https://doi.org/10.55264/cdb.v1i2.16.

Hutamy, E. T., Marham, A., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). 1(1).

Indarti, M. G. K., Widiatmoko, J., Murdiyanto, A., & Nugroho, A. H. D. (2022). PELATIHAN METODE BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA BAGI PELAKU UMKM DI KOTA SEMARANG. Jurnal Penamas, 6(1), Article 1. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/penamas/article/view/8981.

Maulana, Y. M. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas untuk Siswa SMAN 4 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(5), Article 5. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.771.

Pramularso, E. Y., Nurhayaty, E., Susilowati, I. H., & Marginingsih, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN BUSINESS PLAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA KOMUNITAS PEREMPUAN INDONESIA MAJU. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 726–732. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8335.

Syafruddin, R. F., & Chadijah, A. (2023). Pelatihan Perencanaan Bisnis Menggunakan Bisnis Model Canvas di MA Muhammadiyah Bantaeng | Madaniya. https://madaniya.biz.id/journals/contents/article/view/423




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4499-4504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.