PELATIHAN ANALISIS UJI PERBEDAAN UNTUK MEMPERMUDAH PENYELESAIAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU SMP

Rina Hidayati Pratiwi, Mariasih Mariasih, Shinta Dewi, Endang Sulistyaniningsih

Abstract


Karya Ilmiah lapangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik  dalam upaya penguatan kompetensi menghadapi tugas pokok dan fungsinya sebagai guru mata pelajaran maupun sebagai guru pembimbing peserta didik dalam praktik lapangan. Masih rendahnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan guru dalam analisis uji perbedaan untuk karya ilmiah  bagi guru-guru SMP Hang Tuah I  Jakarta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengadakan pembelajaran analisis uji perbedaan untuk karya ilmiah.  Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode problem solving yang diawali dengan penjelasan secara garis besar tentang pengetahuan, pemahaman dan keterampilan Statistik Non Parametrik lapangan secara komprehensif. Kegiatan pembelajaran ini sangat berguna karena dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru SMP Hang Tuah I Jakarta. Dengan pembelajaran statistik non parametrik lapangan secara komprehensif, diharapkan para guru dapat memahami dan mempraktekannya pada tataran tugas pokok dan fungsinya sebagai guru demi kemajuan peserta didik maupun guru dalam melakukan suatu penelitian tindakan kelas.


Keywords


guru; pelatihan; SMP; statistik

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2009). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akdon, R. (2007). Rumus dan data dalam aplikasi statistika. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2013). Penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Media Predana Group.

Kadir, K. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Rosemata Sampurna.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rochaety, E. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sugiyono, S. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2016). Statistika Untuk Penelitian (ke-27). Bandung: Alfabeta Bandung.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wiriaatmadja, R. (2014). Metode penelitian tindakan kelas: Untuk meningkatkan kinerja guru dan dosen. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4913-4919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.