Abstract
Masyarakat Desa Maredan Barat kini sudah banyak yang melakoni usaha membuat gula merah dari nira sawit ini karana keuntungan yang di hasilkan sangat menjanjikan. Penjualan gula merah nira sawit ini selain di Kampung Maredan Barat juga telah di jual ke Kabupaten Pelalawan dan juga kota madya Kota Pekanbaru. Namun kualitas kemasan produk para pelaku usaha gula merah nira sawit di Desa Maredan ini masih menggunakan kantong kresek dan kurang menarik hal ini karena kurangnya pemahaman pelaku usaha gula merah nira sawit tentang standar kemasan yang persuasif dan strategi promosi produk. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut tim pengabdian kepada masyarakat memberikan bimbingan dan pendampingan pengemasan produk gula merah sawit. Pendampingan pengemasan ini dimulai dari jenis-jenis kemasan, bahan kemasan, standar kemasan UMKM, labelling, branding, dan desain kemasan produk gula merah sawit serta strategi promosi. Kemudian tim PKM juga melakkukan pembentukan dan pembinaan serta pengembangan usaha gula merah sawit. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat mencakup serangkaian metode seperti presentasi materi pokok, pelatihan, diskusi, unjuk kerja dan pendampingan. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini, para pelaku usaha gula merah nira sawit di Desa Maredan Barat ini berhasil membuat pelaku usaha gula merah sawit mengalami peningkatan secara signifikan dalam membuat desain kemasan dengan standar UMKM serta memahami strategi promosi yang efektif.
Keywords
Pengemasan Produk, Bimbingan, dan Pendampingan
References
B. A. Hananto, “Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble),” Gestalt, vol. 1, no. 1, pp. 77–94, 2019.
Daeng Ayub, Dkk 2020. Buku Panduan Proses Pembuatan dan Pemasaran Gula Merah dari Nira Kelapa Sawit. Pekanbaru: CV. Art Grafika.
D. Darmawan, “Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik,” vol. 1, no. April, pp. 1–10, 2017.
I. Maflahah, “Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura Dalam Rangka Pengembangan IKM,” Agrointek, vol. 6, no. 2, pp. 118–122, 2012.
M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusah aan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018.
R. Nugrahani, “Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm,” J. Imajin., vol. IX, no. 2, pp. 127–136, 201.