PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BIG BOOK BERBASIS P5-PPRA PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH DI DESA SISIR BATU
Abstract
Tujuan dari pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk merancang media pembelajaran yang mudah digunakan, dapat diterapkan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik perkembangan siswa. Peserta diharapkan mampu memahami konsep, langkah pembuatan, dan penerapan Big Book berbasis P5-PPRA dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran layanan (service learning/SL), di mana tim pendamping memberikan pelatihan tentang pembuatan media Big Book berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin (P5-PPRA) kepada guru-guru Madrasah di Desa Sisir Batu. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan peserta dalam mendesain dan mengonsep media pembelajaran Big Book berbasis P5-PPRA yang selaras dengan karakteristik siswa. Kesimpulan dari kegiatan ini menyoroti betapa pentingnya menyediakan materi pendidikan yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan gaya belajar dan demografi siswa yang berbeda untuk memperkaya pengalaman belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.
Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111.
Faisal, M., Nurhaedah, N., Rohana, R., BAHAR, B., & Aras, L. (2022). PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal Bagi Guru SD. Publikasi Pendidikan Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Bidang Masyarakat, 12(1), 22–29.
Halimatussa’diyah, F. (2017). Pengembangan media big book untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak kelompok b paud tanwirul qulub tahun ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).
Kasmawati, K., Parizu, C. Z. L., Sisi, L., & Juwariyah, A. (2022). Pelatihan Pengembangan dan Penerapan Media Big Book untuk Pembelajaran Membaca yang MEA (Menyenangkan dan Aktif) bagi Guru-Guru SDN 30 Kendari. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 132–140.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48–59.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175.
Kusumadewi, H., & Reknosari, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 274–278.
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58.
Murphy, G. (2004). The big book of concepts. MIT press.
Nida’ul Khairiyah, S. P. (2019). Pendekatan science, technology, engineering dan mathematics (STEM). Spasi Media.
Octaviani, S., Sufianti, A. V., Azizah, H. F., Hapsari, W. S. P., & Maharani, W. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Big Book Pada Guru Sekolah Dasar Di Kota Metro. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(2), 113–124.
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745.
Rahmawati, I. (2018). Pengembangan Media Big Book Berbasis Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017.
Zamroni, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kemenag RI: Direktorat KSKK Madrasah.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3982-3989
Refbacks
- There are currently no refbacks.