TRANSFORMASI PENULISAN ILMIAH DI ERA AI: MENJAGA INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA MELALUI EDUKASI ETIKA
Abstract
Pada era digital yang berkembang pesat, penggunaan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi bagian integral dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam penulisan ilmiah. Namun, kemajuan teknologi ini juga menimbulkan tantangan baru terkait pelanggaran etika akademik. Artikel ini membahas pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pencegahan pelanggaran etika penulisan ilmiah di kalangan mahasiswa dengan memanfaatkan AI secara etis. Melalui workshop yang dilakukan, mahasiswa diberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan AI sebagai alat bantu dalam penulisan akademik tanpa melanggar standar etika yang telah ditetapkan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kesadaran mahasiswa mengenai etika akademik dalam penggunaan AI serta kemampuan mereka untuk memanfaatkan teknologi secara tepat guna dalam penulisan ilmiah. Implikasi dari kegiatan ini adalah pentingnya integrasi pendidikan etika dalam penggunaan AI di lingkungan akademik guna memastikan bahwa teknologi digunakan untuk mendukung, bukan merusak, integritas akademik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709
Amalia, A. R., & Krismawati, I. E. (2021). Efektivitas Workshop Online Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak di Masa Pandemi Covid-19. Utile: Jurnal Kependidikan, VII, 93–100. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/1389
Amelia, K., Larasati, G. E., & Putri, V. N. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Menjaga Integritas Akademik pada Era Digital. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3).
Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1047
Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 117–121. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.573
L, I. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Mawarni, S., Anwar, C. R., & Hartoto. (2023). Diskusi Publik Artificial Intelligence ( AI ): Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan dan Produktivitas Masyarakat. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–9.
Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Tematik, 10(1), 54–60. https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291
Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 13–19. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21
Pramana, Priastuty, C. W., Utari, P., Aziz, R. A., & Purwati, E. (2023). Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi : Kecerdasan Buatan dan Evolusi Komunikasi Interpersonal. 7(2), 214–225. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.4909
Prihati, Y. (2012). Simulasi Dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(3), 1–20.
Purwati, E., Pramana, & Aziz, R. A. (2023). Implementasi Sistem Cerdas Berbasis AI dalam Komunikasi Organisasi: Tantangan dan Peluang. 7(2), 226–235. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.4914
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Wahyuni, N. C. (2019). Ketika Plagiarisme adalah Suatu Permasalahan Etika. Record and Library Journal, 4(1), 8. https://doi.org/10.20473/rlj.v4-i1.2018.8-14
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3952-3959
Refbacks
- There are currently no refbacks.