IMPLEMENTASI PENINGKATAN MUTU LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU DAN WALI MURID PAUD PADA TK LILY PRE-SCHOOL DEPOK

Tri Rahayu, Anita Muliawati, Erli Krisnanik, Tahjanto Tjahjanto

Abstract


Perubahan kurikulum pendidikan lebih mengarah pada berbasis Teknologi digital dibidang pendidikan merupakan sarana penunjang dalam sistem belajar, khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sistem pengajaran pada murid paud tidak sepenuhnya di titik beratkan kepada guru tapi perlu adanya keterlibatan orang tua murid, sehingga antara guru dan orang tua bisa saling bersinergi dalam meningkatkan perkembangan anak dari segi ilmu pengetahuan dan karakter. Tim pengabdian masyarakat sudah melakukan riset secara mandiri pada Tk Lily Pre-School Depok tahun 2022, dengan menganalisa tingkat kompetensi literasi digital orang tua pada Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggunakan tiga indikator yaitu mengakses, menyeleksi dan memahami teknologi digital, serta dari hasil riset menghasilkan artikel publikasi dengan judul "Analisis Tingkat Literasi Digital Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)". Hasil dari pengolahan data diperoleh Tingkat kompetensi literasi orang tua dari hasil survey diperoleh ; mengakses nilainya 84.53% dengan

kategori tinggi, untuk dimensi Menyeleksi nilainya 72.00% dengan kategori Sedang dan dimensi Memahami nilainya 80.00% dengan kategori Tinggi. Berdasarkan analisa yang telah diperoleh, maka Tim Pengabdian Masyarakat bertujuan Memberikan Pelatihan Teknologi Informasi bagi Wali Murid untuk meningkatkan Mutu literasi digital dalam Mengawasin anak usia dini Mengakses Media Internet yang merupakan bagian dari sarana penunjang sistem pembelajaran. Pelatihan bagi orang tua murid diharapkan agar orang mampu menyeleksi dan bisa mengakses serta mengawasi anak dalam menggunakan teknologi digital. Pelatihan yang dilakukan, yaitu dengan 2 tahapan teori dan praktek. Hasil dari kegiatan ini dapat meningkatkan mutu literasi digital guru dan orang tua murid dalam berinternet secara positif


Keywords


Implementasi, pelatihan,Literasi Digital, wali murid TK,, Tk Lily Pre School, Meruyung Depok

Full Text:

PDF

References


https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/D503923EBAD9BF3F8AE5

Budihartono, E., Maulana, A., Rakhman, A., Basit, A., D-, P., Komputer, T., & Harapan Bersama Tegal, P. (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG TEKNOLOGI IoT MELALUI WORKSHOP TEKNOLOGI IoT. 6(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7519

Fuadi, A., Syahfitri, D., Ridha, Z., & Sabariah, H. (2022). PELATIHAN TEKNOLOGIINFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU PADA MASA NEW NORMAL DI MTS TELADAN GEBANG. 6(2). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7344

Hajar, S., Nasution, A., Chaliana, A., & Dinda. (2022). Implementasi Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPIT AL Hijrah 2Deli Serdang. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), 684–689. Maulana, Murad. „Definisi, Manfaat Dan Elemen Penting Literasi Digital‟.

Murad Maulana (blog). Accessed 1 July 2019. https://www.muradmaulana.com/2015/12/definisimanfaatdan-elemen-penting-iterasidigital.html

Seta, H. B., T.Theresiawati, Jayanta, Zatin. N, T. Rahayu (2024). LITERASI DIGITAL UNTUK MEMPERKENALKAN RAMBU LALU LINTAS PADA ANAK USIA DINI DI TK LILY PRE SCHOOL, DEPOK. Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(2):654-658, DOI: 10.31604/jpm.v7i2.654-658

Sukiman. (2016). Literasi Digital Keluarga untuk Perlindungan Anak. http://www.slideshare.net/idigf/id-igf-2016-sosbud3-literasi-digital-untuk-keluarga

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid- 19.Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), 269-283.

Tri R, Tjahjanto, Bambang T,Intan H, Anita M, Theresiawati. (2023). Penerapan BelajarInteraktif Menggunakan Media Animasi Pada Tk Lily Pre School Meruyung Depok. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/13796/pdf

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4865-4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.