PENERAPAN PEMASARAN ONLINE TANAMAN HIDROPONIK MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK
Abstract
UMKM Rumah Bali Hidroponik Kendari telah beroperasi sejak tahun 2019, tetapi masih menggunakan metode promosi dan pemasaran tradisional yang membatasi jangkauan penjualannya. Dengan semakin populernya metode menanam tanaman secara hidroponik, terdapat kebutuhan untuk memperluas pasar melalui strategi pemasaran digital. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penerapan pemasaran online melalui Marketplace Facebook bagi UMKM Rumah Bali Hidroponik Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 Agustus 2024 dan diikuti oleh 20 peserta. Metode pelatihan yang digunakan adalah pendekatan demonstrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai pemasaran online hanya sebesar 65%. Namun, setelah pelatihan, terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Marketplace Facebook sebagai media promosi dan pemasaran produk hidroponik memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan nilai penjualan di UMKM ini. Penerapan pemasaran online melalui platform digital ini memungkinkan UMKM Rumah Bali Hidroponik Kendari untuk menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga mendukung pertumbuhan bisnis mereka di Sulawesi Tenggara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsyar, TK., Syahifullah, S., & Ardiansyah, A. 2020. E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi UMKM Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6 (1) , 43-55. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768
Aljawiy, AY., & Muklason, A.. 2011. Jurnal Ilmiah “Teknologi”: Jejaring Sosial dan Dampak bagi Penggunaanya. Program Studi Sistem Informasi Unipdu: Jombang.
Anggraeni, & Elisabet Yunaeti. 2022. Buku Ajar E-Business dan E-Commerce. Indramayu: CV Adanu Abimata.
Anonim. 2024. Data Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia.. Diakses pada tanggal, 30 Juli 2024. ttps://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-facebook-di-indonesia-hingga-februari-2024
Asriani, & Herdhiansyah, D. 2019. Factors Affecting The Economic Policy Of Food In Indonesia. Mega Aktivita: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8 (1), 11-17.
DOI: http://dx.doi.org/10.32833/majem.v8i1.76
Asriani, Herdhiansyah, D, & Nurcayah. 2022. Rancangan Usaha Agribisnis Tanaman Sayuran Berbasis Hidroponik. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 407-416.
Asriani, Herdhiansyah, D, & Yandi. 2022. Digital Marketing Produk Sagu. Penerbit NEM
Asriani, & Herdhiansyah, D. 2022. Rancangan Usaha Agribisnis Hidroponik. Penerbit NEM.
Asriani, W Embe, F Nafu, & Herdhiansyah, D . (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Agribisnis Sayuran Metode Hidroponik Starterkit Wick di Kota Kendari. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6 (1), 11 – 16.DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v8i1.6846.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education.
Herdhiansyah, Dhian, & Asriani. 2018. Strategi Pengembangan Agroindustri Komoditas Kakao di Kabupaten Kolaka – Sulawesi Tenggara Jurnal Agroindustri Halal, 4 (1), 030-041. DOI: http://dx.doi.org/10.30997/jah.v4i1.1124.
Herdhiansyah, Dhian, Sutiarso, L., Purwadi, D., Taryono. 2012. Analisis Potensi Wilayah untuk Pengembangan Perkebunan Komoditas Unggulan di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 22 (2), 106-114.
Herdhiansyah, Dhian, Asriani, & Midi, L. 2023. PKM Teknologi Budidaya Tanaman Melon Hidroponik dalam Greenhousepada UMKM Griya Melon Kendari. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Tahun 2023.
Ningsih S, & Handayani T., (2017). Rancangan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Kerupuk Multisari. Jurnal Kopetetif. 3 (2) , 1-8.
Ryan, D. 2016. Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (3rd ed.). Kogan Page.
Riyanto, & Galuh Putri. 2022. Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta . Diakses pada tanggal, 30 Juli 2022. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta.
Salmiah, Fajrillah, Sudirman , A., Siregar , M. N., Simarmata , J., & Suleman , A. R.,.2020. Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis .
Strauss, J., & Frost, R. 2014. E-marketing (7th ed.). Pearson Education.
Widyayanti ER. 2019. Pengaruh Marketplace terhadap Peningkatan Pendapatan pada UKM (Studi pada UKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal optimum. 9 (1). 1-14.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.4068-4079
Refbacks
- There are currently no refbacks.