EFEKTIFITAS APLIKASI KANTOR VIRTUAL DALAM MEWUJUDKAN PEMERINTAHAN BERBASIS DIGITAL DI KANTOR GUBERNUR BALI

Ni Putu Diah Jesita Dewi, L.A Oka Martini

Abstract


Kemajuan teknologi mendorong perkembangan dan perubahan di berbagai aspek kehidupan seperti aspek ekonomi, sosial, pendidikan dan aspek pemerintahan. Dalam hal ini, sektor pemerintah mulai gencar untuk menggantikan sistem penyelenggaraan pelayanan publik secara tradisional (manual) dengan sistem pelayanan publik secara digital atau sistem elektronik pemerintahan (e-government) dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas kinerja pegawai di bidang Administrasi. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode Observasi,  Wawancara dan Dokumentasi dengan pengguna atau User Kantor Virtual. Salah satu solusi yang dapat dilakukan Pemerintahan Kabupaten Denpasar dalam memberikan kepuasan dan kesejahteraan terhadap pegawai di Bidang Biro Umum yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Kantor Virtual yang sudah terjamin keamanannya karena sudah terintegrasi Single Sign On (SSO).  Dalam aplikasi Kantor Virtual pegawai dapat mengakses empat jenis fitur layanan diantaranya, SIKEPO, Simpeg (Layanan Kepegawaian), Kanvir (Kantor Virtual Bali), ESAKIP (Perjanjian Kinerja). Dengan adanya aplikasi Kantor Virtual dapat memudahkan pegawai dalam pengelolaan sistem administrasi sehingga kinerja karyawan meningkat.


Keywords


E-government, Kantor Virtual, Efektifitas kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References


Basuki Winoto. (n.d.). INTEGRASI APLIKASI KOLABORASI UNTUK KANTOR VIRTUAL.

Komang Arypani Adnyana. (2023). ANALISIS KEAMANAN APLIKASI TANDA TANGAN ELEKTRONIK K-VIRTUAL DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, DAN STATISTIK PROVINSI BALI.

Nengah Sudja, I., Ayu, I., & Prabawati, D. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat PERAN TANGGUNG JAWAB DALAM KINERJA PEGAWAI SERTA PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PADA MASA ERA BARU COVID-19 DI BIRO UMUM DAN PROTOKOL SETDA PROVINSI BALI.

Ni Putu Kartika Cahyani, & I Putu Adi Permana Putra. (2024). Governance And Digital Transformation: Analisis Ruang Kerja Virtual Melalui Perspektif E-Government Pada Pemerintahan Provinsi Bali. Public Sphere Review, 1–11. https://doi.org/10.30649/psr.v3i1.123

Ni Wayan Desi Budha Jayanti a, Sjamsiar Sjamsuddin b, & Choirul Saleh. (2024). Transformasi Digital: Program Inovasi Bali Smart Island dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Bali.

Vipraprastha, T., & Nyoman Indriyani, D. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PEGAWAI PADA KANTOR BIRO UMUM DAN PROTOKOL DALAM MELAYANI MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19.

Wulan Hervina Destriana, Yogi Suprayogi Sugandi, & Ginanjar Wira Saputra. (2023). PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DAN TATA KELOLA PEMERINTAH TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT.

Yordan Putra Angguna, A. Yuli Andi Gani, & Sarwono. (2015). UPAYA PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KOPERASI DAN UKM KOTA MALANG.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3845-3849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.