MENGEMBANGKAN UMKM PENGRAJIN TANGGUI MELALUI PELATIHAN BRANDING DAN DIGITAL MARKETING DI KUIN CERUCUK, BANJARMASIN

Yuli Apriati, Rochgiyanti Rochgiyanti, Syahlan Mattiro, Laila Azkia, Sumiati Sumiati

Abstract


Pada era digital saat ini, penguasaan teknologi yang baik adalah kunci utama dalam mengembangkan bisnis melalui media sosial. Mitra kami KUBE Bahagia II dengan anggota para pengrajin tanggui, menghadapi permasalahan dalam mengembangkan jaringan usaha pada skala yang lebih luas. Mereka belum memahami konsep branding, manfaat memiliki merek dagang, dan cara mengembangkan usaha di media sosial. Untuk memasarkan tanggui ke pasar yang lebih luas, diperlukan pemasaran digital. Memulai bisnis online memerlukan strategi dan teknik pemasaran yang efektif, seperti pembuatan daftar produk dan pembukaan toko virtual melalui aplikasi e-marketing. Dalam kegiatan ini, pengrajin tanggui diperkenalkan pada merek produk mereka sendiri dengan harapan dapat meningkatkan penjualan dan kesadaran merek. Keberhasilan usaha terletak pada pemasaran, yang tidak hanya mencakup penjualan tetapi juga kepuasan pelanggan, sehingga menghasilkan keuntungan berkelanjutan. Oleh karena itu, fungsi pemasaran harus mendapatkan perhatian khusus dari pemilik usaha. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami memberikan pemahaman kepada pengrajin tanggui tentang manfaat branding dan digital marketing bagi pengembangan usaha. Dengan demikian, mereka mampu membangun brand produk mereka dengan baik. Hal ini diperlukan untuk kesuksesan dalam memasarkan produk dan membangun kesadaran di masyarakat, melalui sosialisasi dan pemberian pamflet. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan usaha para pengrajin tanggui, membantu mereka lebih siap dalam menghadapi pasar global.


Keywords


Pelatihan Branding dan Digital Marketing, Mengembangkan UMKM, Pengrajin Tanggui

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1996. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Apriati, Yuli, Cucu Widaty, and Laila Azkia. 2023. “Social Branding Campaign Pada Klien Panti Sosial Bina Wanita Melati Provinsi Kalimantan Selatan.” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1):32. doi: 10.20527/btjpm.v5i1.5119.

Artinah, Budi, Mujennah, and Safriansyah. 2021. “Bimbingan Teknis Penentuan Harga Jual Normal Pendekatan Full Costing Bakal Tanggui Di Alalak Selatan Banjarmasin Utara.” Jurnal Pengabdian Aceh 1(September):98–105.

Baharsyah, Syamsudin. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan 10(2):175. doi: 10.30649/japk.v10i2.84.

Duncan, Tom. 2005. Principles of Advertising & IMC. 2nd Ed. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Haig, Matt. 2004. Brand Royalty : How The World’s Top 100 Brands Thrive and Survive. London: Kogan Page Limited.

Minamiyama, Hiro. 2007. World Branding: Concept, Strategy and Design. USA: Gingko Press.

Muyasar, Rizky, and Hasanudin. 2023. “Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Produk Olahan Sampah Plastik UD. Aisyah Jaya.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 4(4):3255–61.

Novalinda, R. (2023). Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Di Optik Citra Padang. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.47233/jpmittc.v2i1.521

Randall, Geoffrey. 2001. The Art of Marketing Branding. New Delhi: Crest Publishing House.

Ryan, Cooper, and Tauer. 2013. “Strategi Branding.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Siswanto, Sutojo. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Damar Mulia Pustaka.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. Komunikasi, 8(2), 123–138. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3803-3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.