PEMBERDAYAAN DAN PENGUATAN PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI KELURAHAN FOLARORA KOTA TIDORE

Ibrahim Muhammad, Nurmala Buamona, Asmiraty Asmiraty, Ika Jumiati Radjab, Agus Agus

Abstract


Pendidikan keluarga merupakan upaya yang dilakukan orang tua berupa pembiasaan dan improvisasi untuk membantu perkembangan pribadi anak. Pendidikan keluarga bukan sekedar proses, tetapi juga praktik dan pelaksanaan pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga di Kelurahan Folarora dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang dihadapi masyarakat di Kelurahan Folarora terkait dengan pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pemberdayaan ini harus memenuhi unsur-unsur pemberdayaan. Hasil Kegiatan PKM "Pemberdayaan dan Penguatan Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Kelurahan Folarora" menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga. Ibu-ibu anggota majelis ta'lim menunjukkan peningkatan kesadaran tentang pentingnya peran mereka sebagai pendidik utama dalam keluarga dan terjadi perubahan pemahaman tentang konsep "Al-ummu madrasatul 'ula" (ibu sebagai sekolah pertama). Kedua, peningkatan pengetahuan dalam menghadapai problematika yang dihadapi pendidikan anak dalam keluarga mencakup beberapa aspek yang saling terkait dan peserta juga memperoleh peningkatan keterampilan dalam menerapkan pola asuh islami dan komunikasi efektif dengan anak.


Keywords


Pendidikan Anak, Keluarga, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Asnawan, A. (2020). Relevansi metode pendidikan anak dalam keluarga perspektif Abdullah Nashih 'Ulwan dalam pendidikan Islam. Tarbiya Islamica, 8(2), 115-124.

Buamona, N. (2021). Pemikiran Murtadha Muthahhari tentang etika dan implikasinya pada pendidikan karakter. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 13(1), 153-170.

Chambers, R. (2008). PRA, PLA and pluralism: Practice and theory. In P. Reason & H. Bradbury (Eds.), The SAGE handbook of action research (2nd ed., pp. 297-318). SAGE Publications.

Eku, A., & Adam, A. (2021). Perempuan Pemecah Batu (Studi Kasus Perempuan Pekerja Pemecah Batu di Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara.). AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender dan Agama, 15(1), 133-143.

Fatmawati, R. F., Rahmadian, R., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2022). Pendidikan anak dalam keluarga. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 53-62.

Hamid, H. (2018). Manajemen pemberdayaan masyarakat. De La Macca.

Jailani, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245-260.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

McTaggart, R. (1991). Principles for participatory action research. Adult Education Quarterly, 41(3), 168-187.

Nurhayati, N. (2015). Urgensi dan peran ibu sebagai madrasah al-ula dalam pendidikan anak. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 6(2), 153-166.

Reason, P., & Bradbury, H. (Eds.). (2008). The SAGE handbook of action research: Participative inquiry and practice (2nd ed.). SAGE Publications.

Rochanah, R. (2017). Peranan keluarga sekolah dan masyarakat dalam menunjang pembelajaran yang efektif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Serli, L. (2023). Pendidikan anak dalam perspektif Islam. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 99-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.3706-3714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.