LITERASI KEBANGSAAN DAN BAHASA MELALUI KOLABORATIF STORYTELLING BAGI SISWA SEKOLAH INDONESIA DAVAO, MINDANAO, FILIPINA
Abstract
Sekolah Indonesia Davao (SID) awalnya hanya diperuntukan bagi home staff Konsulat Jenderal Davao City, namun kini dapat dimanfaatkan juga oleh seluruh warga Indonesia yang menetap di Mindanao, Filipina, khususnya warga keturunan Indonesia yang masuk secara illegal di Filipina. Permasalahan besar yang dihadapi oleh warga keturunan Indonesia yang telah menetap selama beberapa generasi di Filipina adalah minimnya literasi kebangsaan dan kemampuan berbahasa disebabkan kurangnya partisipasi orangtua dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari termasuk pengetahuan mengenai bangsa dan budaya Indonesia. Kebanyakan masyarakat keturunan tersebut tinggal di daerah terpencil, sulit dijangkau dan berada di bawah garis kemiskinan. Situasi tersebut mendorong Universitas Bhayangkara Jakarta Raya bekerjasama dengan Sekolah Indonesia Davao (SID) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Collaborative Storytelling bagi Siswa di Sekolah Indonesia Davao guna mendukung Program Indonesianisasi Anak Indonesia. Tujuan: meningkatkan literasi kebangsaan dan bahasa anak keturunan Indonesia khususnya di wiayah Mindanao. Metode: diterapkan dalam tiga bentuk yaitu literasi, tradisi lisan, dan literasi warisan budaya. Sasaran kegiatannya adalah siswa seluruh kelas di SID. Rekomendasi: diperlukan usaha untuk mempercepat praktik Bahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan di Sekolah Indonesia Davao, memotivasi agar anak mau belajar di Indonesia dan mengenal tentang Indonesia dengan lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antara (2023). Sekolah Indonesia Luar Negeri Davao dan tantangannya. https://www.antaranews.com/berita/1819176/sekolah-indonesia-luar-negeri-davao-dan-tantangannya
Carepoinacademy. (2022). Benefit Story Telling for Kids.
https://www.carepointeacademy.com/blog/posts/benefits-of-storytelling-for-kids
Hoerudin, C. W. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Bercerita. Jurnal Al-Amar (Jaa), 02(02), 121–132. Https://Ojs-Steialamar.Org/Index.Php/Jaa/Article/View/106/71
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L dan Lowrance. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early childhood education journal, 32 (3). Springer Science Business Media, Inc.
Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 1(2)
Maulidiah, Rina Hayati, Elfira Rahmadani, Diki Darmawan, Putri Selly, Bella Puspita Sari. (2024). Pelatihan Menggunakan Metode Montesori Untuk Pembaca Pemula Bagi Guru Di UPTD SDN 014673 Sumber Harapan Kec. Tinggi Raja Kab. Asahan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7 (6), 1930-1938
McLeod, S. (2024). Piaget’s Theory And Stages Of Cognitive Development https://www.simplypsychology.org/piaget.html
Putra, P. (2017). Hubungan Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) dengan Prestasi Belajar Siswa SD menurut Persepsi Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. MODELING Jurnal Program Studi PGMI, 04(02). https://doi.org/: https://doi.org/10.69896/modeling.v4i2.125
Sekolah Indonesia Davao. (2023). https://sid.sch.id/tentang-sid/
Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(02). https://doi.org/: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236
Wilson, D. David (2015). A Study on Oral Tradition as a Communication tool. International Journal of Research in Economics and Social Sciences. 5 (7), July, 112-132.
Winett, L. B.. Niederdeppe, J. (2022). Storytelling for Social Change. https://www.evidenceforaction.org/sites/default/files/2022-01/Messaging-Brief-Jan22.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4620-4629
Refbacks
- There are currently no refbacks.