MENDORONG ANTUSIASME PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PAUD MUTIARA BUNDA DENGAN EDUKASI INOVATIF MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh tim Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Universitas Terbuka bertujuan untuk mendorong antusiasme proses belajar mengajar di PAUD dengan edukasi inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2024, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa MPBI Universitas Terbuka sebagai pelaksana, serta PAUD Mutiara Bunda sebagai mitra. Metode kegiatan terdiri dari tiga tahap: penjajakan awal, persiapan, dan implementasi. Penjajakan awal dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara dengan guru-guru PAUD, untuk mengidentifikasi kebutuhan utama mereka, yaitu kekurangan Alat Permainan Edukatif (APE) dan motivasi siswa yang rendah. Persiapan kegiatan mencakup koordinasi dengan mitra dan penyiapan materi edukasi serta alat bantu pembelajaran. Pada hari pelaksanaan, kegiatan dimulai dengan penampilan tari oleh siswa PAUD, diikuti dengan proses belajar mengajar menggunakan APE yang telah disediakan. Anak-anak diberikan motivasi melalui kegiatan interaktif dan pemberian hadiah. Guru-guru PAUD mendapatkan edukasi mengenai pemanfaatan APE dalam pembelajaran, yang diharapkan dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan efektif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan motivasi anak-anak, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan APE. Kontribusi kegiatan ini meliputi penyediaan APE digital yang sangat dibutuhkan, serta peningkatan kualitas pembelajaran di PAUD Mutiara Bunda. Program PkM ini memberikan dorongan signifikan bagi PAUD Mutiara Bunda untuk terus maju dan berkembang, serta menunjukkan pentingnya dukungan dari perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chung, C., & Zhang, Y. (2022). Interactive learning environments for early childhood education. Journal of Early Childhood Education, 45(3), 345-362. doi:10.1080/1350293X.2022.345678
Jones, A., & Smith, B. (2020). The critical role of early childhood education in cognitive development. Child Development Perspectives, 14(2), 123-130. doi:10.1111/cdep.12345
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2018). Kebijakan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Kim, S., & Lee, J. (2020). The impact of educational toys on child development: A systematic review. Early Childhood Research Quarterly, 50, 152-161. doi:10.1016/j.ecresq.2019.10.005
Miller, K., & Cameron, L. (2019). Play-based learning in early childhood education. Journal of Play and Learning, 28(1), 56-70. doi:10.1080/19315260.2019.1593220
Nugroho, A., & Pratiwi, L. (2019). The role of higher education in supporting early childhood education through community service programs. Journal of Community Service and Engagement, 11(4), 202-215. doi:10.1080/23311886.2019.1569876
Rahman, A., & Putri, M. (2020). Continuous professional development for early childhood educators: A case study. International Journal of Early Years Education, 28(2), 104-116. doi:10.1080/09669760.2020.1725401
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5469-5476
Refbacks
- There are currently no refbacks.