UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MALANG MELALUI WORKSHOP STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Siti Faizah, Intan Sari Rufiana, Mardhatillah Mardhatillah, Sri Rahayuningsih, Imam Rofiki

Abstract


Strategi pembelajaran berdiferensiasi masih menjadi permasalahan bagi sebagian guru di Kabupaten Malang. Mengacu pada permasalahan tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru Sekolah Dasar melalui pemberian pelatihan dan pendampingan tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kalisongo 01 Kecamatan Dau. Peserta kegiatan ini adalah guru-guru dari beberapa sekolah di kabupaten Malang. Metode yang digunakan meliputi beberapa tahapan, yakni koordinasi dengan Korwil Dinas Pendidikan setempat, pemberian pelatihan, dan pendampingan kepada para peserta terkait strategi pembelajaran berdiferensiasi. Luaran dari kegiatan ini adalah kemampuan masing-masing guru dalam menyusun modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Setiap guru diminta mengumpulkan modul ajar yang telah disusun kepada tim pengabdi untuk diberikan feedback. Dari hasil modul ajar yang telah dikumpulkan para peserta menunjukkan bahwa guru-guru mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini sehingga para peserta minta dilakukan kegiatan yang serupa dengan tema yang berbeda

Keywords


Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Strategi, Upaya, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Faizah, S., Rodliyah, I., Saraswati, S., &

Murniasih, T. R. (2022). Pelatihan Penyusunan Data Tunggal Menjadi Data Berkelompok Kepada Calon Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1889–

Faizah, S., Sa'adah, N., Saraswati, S., Rodliyah, I., & Rahamawati, N. D. 2024. Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP. Community Development Journal, 5(1), 110-114

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). 11177-11182

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617.

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i 3.5323

Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 961–974.

https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.30 2

Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N.

B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237–258.

https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i 1.1064

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif IlmuPendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kusumaningrum, D., Indria Persada, Y., Ulfa, N., Rohman, A., Nuriyah Al- addawiyah, D., Sa’diyah, I., Fauziah, N., Apriani, F., & Arfatul ‘Iyad, F. (2024). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Workshop Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.36636/eduabdimas. v3i1.3585

Marlina, M., Kusumastuti, G., Makmur, N. A., Nabilla, I., Biasa, P. L., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., Biasa, P. L., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., Biasa, P. L., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., & Pretest-posttest, E. O. (2022). JPK ( Jurnal Pendidikan Khusus ), 18 ( 1 ), 2022 , 31-42.

Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa. ScienceEdu, 6(1), 55.

https://doi.org/10.19184/se.v6i1.4001 9

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, R. S. D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Rodliyah, I., Saraswati, S., Faizah, S., & Amintoko, G. (2021). Pemberdayaan Guru SD/MI Melalui Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 117–123. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2

.520

Sa’adah, N., Faizah, S., & Saraswati, S. (2023). Program Pendampingan Guru SMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. 2(2), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3491-3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.