KOLABORASI INSTITUSI AKADEMIK DAN KESEHATAN DALAM EDUKASI GIZI DAN KEBERSIHAN TANGAN GIGI DI SDN PALEUH

Ade Salma Yunia Rachmah, Nova Tri Handriyanto, Yahmin Setiawan, Deri Andika Putra

Abstract


Rendahnya pengetahuan anak sekolah tentang gizi dan kesehatan masih menjadi tantangan di wilayah Banten dan merupakan salah satu faktor yang berkaitan dengan status gizi kurus. Untuk mewujudkan anak yang sehat dan terhindar dari status gizi kurang diperlukan berbagai upaya terintegrasi dari berbagai profesi kesehatan dan tidak hanya berfokus pada gizi namun juga kebersihan gigi dan tangan. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan edukasi dalam program pengabdian terhadap masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kesehatan gigi, gizi seimbang, isi piringku, dan kebersihan tangan. Acara edukasi dilaksanakan di SDN Paleuh Kota Serang dengan sasaran sejumlah 66 murid dari kelas 2 hingga kelas 5. Metode penyampaian kegiatan edukasi adalah ceramah dan video musik. Kegiatan edukasi ini menghasilkan peningkatan pengetahuan yang ditandai dengan 100% jawaban benar pada masing-masing materi edukasi dan >50% murid turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tingkat pengetahuan murid dapat ditingkatkan melalui kegiatan edukasi yang interaktif dan menyenangkan melalui hasil kerja sama antara tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Keywords


Lintas Profesi; Anak Usia Sekolah; Keberagaman Pangan; Kebersihan Tangan; Kebersihan Mulut

Full Text:

PDF

References


Acharya, Y., Luke, N., Haro, M. F., Rose, W., Russell, P. S. S., Oommen, A. M., & Minz, S. 2019. Nutritional status, cognitive achievement, and educational attainment of children aged 8-11 in rural South India. PLoS ONE, 14(10). https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0223001

Adeomi, A. A., Fatusi, A., & Klipstein-Grobusch, K. 2022. Food Security, Dietary Diversity, Dietary Patterns and the Double Burden of Malnutrition among School-Aged Children and Adolescents in Two Nigerian States. Nutrients, 14(4), 789. https://doi.org/10.3390/NU14040789/S1

Almoghirah, H., Nazar, H., & Illing, J. 2021. Assessment tools in pre-licensure interprofessional education: A systematic review, quality appraisal and narrative synthesis. Medical Education, 55(7), 795–807. https://doi.org/10.1111/MEDU.14453

Al-Qahtani, S. M., Razak, P. A., & Khan, S. D. A. A. 2020. Knowledge and Practice of Preventive Measures for Oral Health Care among Male Intermediate Schoolchildren in Abha, Saudi Arabia. International Journal of Environmental Research and Public Health 2020, Vol. 17, Page 703, 17(3), 703. https://doi.org/10.3390/IJERPH17030703

Anwar, H., & Rosa, E. M. 2019. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi dengan Interprofessional Education (IPE): A Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. https://doi.org/10.30651/JKM.V4I2.2565

Fankam Yamgai, P., Pouokam, G. B., Saha Foudjo, B. U., Mazzanti, F., Sando, J. T., Samuel, C., Frazzoli, C. 2022. Combined education course on nutrition, hand-washing and dental care in primary schools in Yaoundé, Cameroon. Journal of Global Health Reports, 6. https://doi.org/10.29392/001C.33812

Goni, G., Rattu, J. A. M., Malonda, N. S. H., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Abstrak, M. 2019. Pengaruh Penyuluhan Dengan Teknik Ceramah Terhadap Pengetahuan Pelajar Tentang Gizi Seimbang Di Sekolah Dasar Kecamatan Tompaso (Studi Kasus SD Gmim 2 Dan SD Negeri 2 Tompaso). KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(7). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/26611

Hanisyahputri, N. A., Ramadany, S., Tamar, M., Prihartini, S. D., Dwi, A., & Sari, A. 2020. Pengaruh Penerapan Interprofessional Education Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Remaja Tentang Menstrual Hygiene Management. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7(2), 154–171. https://doi.org/10.35316/OKSITOSIN.V7I2.655

Herwanti, B., Angelina Febriani, C., Ekasari, F., Kesehatan Kota Bandar Lampung, D., Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati, F., & Penulis, K. 2021. Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 647–654. https://doi.org/10.33024/HJK.V15I4.5768

Kemenkes RI. 2018. Laporan Riskesdas 2018 Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kemenristekdikti. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kumar, M., & Mohanty, P. C. 2023. Undernutrition and anaemia among Indian adolescents: role of dietary diversity and hygiene practices. Journal of nutritional science, 12. https://doi.org/10.1017/JNS.2023.19

Menkes RI. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Murniasih, E., Septi, E. S., Putri, F. D., & Safri, I. 2022. Upaya Pemenuhan Gizi Seimbang Dengan Panduan “Isi Piringku” Melalui Media Audio Visual Pada Anak. Initium Community Journal, 2(2), 33–38. Diambil dari https://journal.medinerz.org/index.php/ICJ/article/view/99

Murtadlo, A., & Widhyahrini, K. 2019. Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. QUALITY, 7(2), 32–47. https://doi.org/10.21043/QUALITY.V7I2.5848

Nasiatin, T., & Hadi, I. N. 2019. Determinants of Clean and Healthy Behavior in Public Elementary School Students. Diambil 20 Agustus 2023, dari Faletehan Health Journal website: http://www.journal.lppm-stikesfa.ac.id/index.php/FHJ/article/view/111

Pickering, A. J., Njenga, S. M., Steinbaum, L., Swarthout, J., Lin, A., Arnold, B. F., Null, C. 2019. Effects of single and integrated water, sanitation, handwashing, and nutrition interventions on child soil-transmitted helminth and Giardia infections: A cluster-randomized controlled trial in rural Kenya. PLOS Medicine, 16(6), e1002841. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PMED.1002841

Rosyidah, A. N. 2019. Hubungan Perilaku Cuci Tangan Terhadap Kejadian Diare Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Ciputat 02. JIKO (Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi), 3(1), 10–15. https://doi.org/10.46749/JIKO.V3I1.25

Sari, R., Safitri, D. E., & Setyowati, Y. D. 2023. Pengaruh Edukasi Media Power Point dan Lagu Terhadap Pengetahuan Serta Sikap Konsumsi Sayur dan Buah Siswa. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(11), 2449–2463. https://doi.org/10. 59141/ COMSERVA.V2I11.658

Siregar, M. H., & Koerniawati, R. D. 2022. Peran Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang dan Aktivitas Fisik pada Siswa SMA/Sederajat di Banten. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 92–100. https://doi.org/10.33061/awpm.v6i1.6949

Tubert-Jeannin, S., Pichot, H., Rouchon, B., Pereira, B., & Hennequin, M. 2018. Common risk indicators for oral diseases and obesity in 12-year-olds: a South Pacific cross sectional study. BMC Public Health, 18(1). https://doi.org/10.1186/S12889-017-4996-Y

Wrottesley, S. V., Mates, E., Brennan, E., Bijalwan, V., Menezes, R., Ray, S., Lelijveld, N. 2023. Nutritional status of school-age children and adolescents in low- and middle-income countries across seven global regions: a synthesis of scoping reviews. Public Health Nutrition, 26(1), 63–95. https://doi.org/10.1017/S1368980022000350




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3560-3570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.