PEMBUATAN ‘WAELIA’ SEBAGAI IMPLEMENTASI KIMIA KOLOID BERBASIS ETNO STEM BAGI SISWA SMA SEMINARI SANTU RAFAEL KUPANG
Abstract
Kegiatan PkM Pembuatan ‘Waelia’ sebagai implementasi kimia koloid berbasis etno STEM bagi siswa SMA Seminari Santu Rafael Kupang Tujuan kegiatan ini adalah untuk Pendampingan bagi mahasiswa dan siswa untuk menyusun bahan atau sumber belajar dalam mengimplementasikan kimia koloid dalam kehidupan sehari hari. Mekanisme kegiatan ada dua tahap yaitu tahap 1 yaitu melatih keterampilan mahasiswa dalam mengimplementasikan materi system koloid berbasis etno STEM. Langkah 2, yaitu Mahasiswa bersama dosen melatih keterampilan siswa dalam mengimplementasikan materi system koloid berbasis etno STEM di sekolah. Tujuan kegiatan adalah untuk melatih keterampilan psikomotorik mahasiswa dan siswa dengan mengimplementasikan materi system koloid berbasis Sains, Teknologi dan Matematika (Stem). Minuman “Waelia” merupakan minuman masyarakat asli dari bahan alami dan berenergi. Minuman “Waelia”, merupakan minuman khas masyarakat Manggarai atau masyarakat pada umumnya, minuman ini terbuat dari jahe merah, gula merah, air kelor, sere merah, kulit kayu manis, dan sari kacang hijau. Bahan bahan tersebut diolah dengan cara pembuatannya hampir sama seperti sifat dan cara pembuatan kimia koloid. Minuman ‘waelia’ merupakan bahan lokal dan ada disekitar siswa maupun mahasiswa. Berdasarkan data kegiatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1). Data Keterampilan Mahasiswa : memahami Penerapan Sains dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ oleh mahasiswa dengan skor 97.2, memahami Teknologi yang diterapkan dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 89.68, memahami rekayasa dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 91.43, memahami Matematika dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 97.62 dan skor rata rata memahami etno STEM dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 98.1%. 2). Data Keterampilan Siswa : memahami Penerapan Sains dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ oleh mahasiswa dengan skor 100, memahami Teknologi yang diterapkan dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 95.24, memahami rekayasa dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 97.14, memahami Matematika dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 100 dan skor rata rata memahami etno STEM dalam pembuatan minuman ‘Waelia’ dengan skor 94.09%. Dengan demikian, keterampilan mahasiswa 98.1% dan keterampilan siswa 94.09 % menunjukkan bahwa mahasiswa dan siswa sangat memahami implementasi materi system koloid melalui pembuatan minuman ‘Waelia’
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Linda, N., Sukarmin, & Suparmi. (2016). Pengembangan modul fisika berbasis somatic , auditory , visual , intellectual ( savi ) untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas x sma / ma. 5(2), 20–29.
Muttaqiin, A., Murtiani, M., & Yulkifli, Y. (2021). Is Integrated Science Book with Ethno-STEM Approach Needed by Secondary School Students ? Is Integrated Science Book with Ethno-STEM Approach Needed by Secondary School Students ? https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012048
Nurhayati, E., Andayani, Y., Hakim, A., Mataram, U., Studi, P., Kimia, P., Mataram, U., Barat, N. T., & Semmel, S. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Stem Dengan Development of Stem-Based Chemical E-Modules with Etnoscience Approach. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2768
Rosana Dadan (2020) Pembelajaran Steam Terintegrasi Etnosains Musik Gamelan Dan Aogs Dalam Pengembangan Hots Menuju SDGs Bidang Pendidikan. Pidato Pengukuhan Guru Besar UNY https://www.uny.ac.id/id/fokus-kita/prof-dr-dadan-rosana-msi_pembelajaran-steam-terintegrasi-etnosains-musik-gamelan
Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Tangi Hironimus dan. Tinenti Yanti 2022. Etno - Stem Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Pancawindu 25 September 2022 Unika Widya Mandira.
Yulkifli, Y., Yohandri, Y., & Azis, H. (2022). Development of physics e-module based on integrated project- based learning model with Ethno-STEM approach on smartphones for senior high school students. 6(1), 93–103.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3420-3427
Refbacks
- There are currently no refbacks.