PKM PENGENALAN OJS DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA

Yuliana Mose, Alex C. Andaria, Dedi Sorongan, Reonaldy A Berikang, Krisman Welhelmus, Mutiara Manaroinsong, Weli Mataliwutan, Harmen F Sembel, Patricia Kojongian, Lumimut Pingkan Rambitan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lanskap publikasi ilmiah. Open Journal Systems (OJS) menjadi salah satu platform yang banyak digunakan untuk manajemen dan penerbitan jurnal online. Menurut Public Knowledge Project (2022), lebih dari 10.000 jurnal di seluruh dunia menggunakan OJS. Namun, banyak mahasiswa belum mengenal dan memahami cara menggunakan platform ini, baik sebagai penulis maupun sebagai pembaca. Namun, banyak mahasiswa belum mengenal dan memahami cara menggunakan platform ini, baik sebagai penulis maupun sebagai pembaca. Ketidakfamiliaran dengan platform penerbitan jurnal online, khususnya Open Journal Systems (OJS) yang saat ini banyak digunakan oleh jurnal-jurnal ilmiah. Melihat kesenjangan ini, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Trinita merasa perlu untuk mengadakan pelatihan yang komprehensif. Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan OJS kepada mahasiswa sekaligus meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis artikel ilmiah. Kami menggunakan metode Pelatihan dan Workshop untuk pengenalan OJS dan peningkatan kemampuan penulisan artikel ilmiah yang terdiri dari 3 bagian yaitu: 1. Sesi Teoritis untuk Pengenalan konsep template artikel, OJS dan Mendeley reference; 2. Sesi Praktik untuk Penggunaan OJS dan Mendeley reference; 3. Demonstrasi Langsung Penggunaan OJS dan Mendeley reference. Secara keseluruhan, metode pelatihan dan workshop yang mengintegrasikan sesi teoritis, praktik, dan demonstrasi langsung terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam penggunaan OJS dan Mendeley reference. Pendekatan terintegrasi ini berhasil menyediakan pengalaman belajar yang komprehensif, meskipun masih ada area-area yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Keywords


Pengenalan OJS;Penulisan artikel;mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Chi, M. T. H., & Wylie, R. (2014). The ICAP Framework: Linking Cognitive Engagement to Active Learning Outcomes. Educational Psychologist, 49(4), 219–243. https://doi.org/10.1080/00461520.2014.965823

DRTPM. (2024). Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Perguruan Tinggi Penyelenggara Akademik). https://penelitian.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/295/2024/02/2.-Panduan-Penelitian-dan-Pengabdian-kepada-Masyarakat-2024_.pdf

Elsevier Ltd. (2021). Mendeley Reference Manager for Desktop. Https://Www.Mendeley.Com/. https://www.mendeley.com/download-reference-manager/windows

Feldon, D. F., Litson, K., Jeong, S., Blaney, J. M., Kang, J., Miller, C., Griffin, K., & Roksa, J. (2019). Postdocs’ lab engagement predicts trajectories of PhD students’ skill development. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(42), 20910–20916. https://doi.org/10.1073/pnas.1912488116

Feldon, D. F., Peugh, J., Timmerman, B. E., Maher, M. A., Hurst, M., Strickland, D., Gilmore, J. A., & Stiegelmeyer, C. (2011). Graduate Students’ Teaching Experiences Improve Their Methodological Research Skills. Science, 333(6045), 1034–1037. https://doi.org/10.1126/science.1207998

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 111(23), 8410–8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111

Fryling, M. J., Johnston, C., & Hayes, L. J. (2011). Understanding Observational Learning: An Interbehavioral Approach. The Analysis of Verbal Behavior.

Hunzer, & Kathleen M. (2012). Collaborative Learning and Writing: Essays on Using Small Groups in Teaching English and Composition. McFarland & Company, Inc.

Hyland, K. (2016). Academic publishing and the myth of linguistic injustice. Journal of Second Language Writing, 31, 58–69. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2016.01.005

Kapler, I. V., Weston, T., & Wiseheart, M. (2015). Spacing in a simulated undergraduate classroom: Long-term benefits for factual and higher-level learning. Learning and Instruction, 36, 38–45. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.11.001

Kolb, D. A. (2015). Experintial Learning: Experience as the Source of Learning and Development (Second Edition).

Lingard, L., & Watling, C. (2016). It’s a Story, Not a Study: Writing an Effective Research Paper.

Mayer, R. E. (2017). Using multimedia for e-learning. In Journal of Computer Assisted Learning (Vol. 33, Issue 5, pp. 403–423).

Blackwell Publishing Ltd. https://doi.org/10.1111/jcal.12197

Nicol, D., Thomson, A., & Breslin, C. (2014). Rethinking feedback practices in higher education: a peer review perspective. Assessment and Evaluation in Higher Education, 39(1), 102–122. https://doi.org/10.1080/02602938.2013.795518

Public Knowledge Project. (2022, December). Global Usage Of OJS. Https://Pkp.Sfu.Ca/. https://pkp.sfu.ca/software/ojs/usage-data/

Tawfik, A. A., Gatewood, J., Gish-Lieberman, J. J., & Hampton, A. J. (2022). Toward a Definition of Learning Experience Design. Technology, Knowledge and Learning, 27(1), 309–334. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09482-2

van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in teacher-student interaction: A decade of research. Educational Psychology Review, 22(3), 271–296. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9127-6

Wisniewski, B., Zierer, K., & Hattie, J. (2020). The Power of Feedback Revisited: A Meta-Analysis of Educational Feedback Research. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03087




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3285-3293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.