EDUKASI DAN PEMBERIAN MAKAN SIANG SESUAI ANJURAN “ISI PIRINGKU” PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Perbaikan perilaku makan pada anak dapat dicapai melalui edukasi dan praktik pengenalan menu makan sesuai pedoman gizi seimbang. Visualisasi bentuk menu makan gizi seimbang digambarkan dalam konsep “isi piringku” yang digagas Kementerian Kesehatan RI untuk menggalakkan pola hidup sehat sehari-hari. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan edukasi gizi dan mengenalkan menu makan siang sesuai anjuran “isi piringku” pada anak sekolah dasar. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemberian edukasi tentang “isi piringku” dan pemberian makan siang dengan menu sesuai anjuran “isi piringku”. Kegiatan dilaksanakan di SDN 1 Kalitengah, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, pada 31 Januari dan 1 Februari 2024. Tingkat pengetahuan diukur menggunakan kuesioner pre-post test dan tingkat penerimaan terhadap menu makan yang diberikan menggunakan uji kesukaan (hedonik). Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan siswa meningkat dari 63,75 poin menjadi 80,63 poin setelah diberikan edukasi gizi. Sebagian besar siswa sangat menyukai makanan yang diberikan. Pemberian edukasi dan menu makan siang sesuai anjuran “isi piringku” dapat diaplikasikan untuk meningkatan pengetahuan dan mengenalkan komposisi jenis dan jumlah porsi makan yang sesuai anjuran dalam menu makan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelman, S., O Gilligan, D., Konde-Lule, J., Alderman, H. (2019). School Feeding Reduces Anemia Prevalence in Adolescent Girls and Other Vulnerable Household Members in a Cluster Randomized Controlled Trial in Uganda. J. Nutr. 149, 659–666
Antwi, J., Ohemeng, A., Boateng, L., Quaidoo. E., Bannerman, B. (2020). Primary school-based nutrition education intervention on nutrition knowledge, attitude and practices among school-age children in Ghana. Global Health Promotion. 27(4):114-122
Asmi, N.F., Nurpratama, W.L. (2023) Pelatihan pola konsumsi jajanan dan gaya hidup sehat menggunakan video edukasi pada remaja. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6 (7), 2315-2323.
Budiono, I., Putriningtyas, N.D., Indrawati, F., Kasman, K., Kurniawan, F., (2022). Upaya peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang melalui edukasi dengan media permainan ular tangga pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat : Pengmaskesmas. 2 (2), 87-95.
Healthy People 2010, 62 (2010). http://www.health.gov/healthypeople/
Kemenkes, R. (2014). Pedoman PGS Kesehatan. Pedoman Gizi Seimbang, 1–99.
Khomsan A. (2021). Teknik pengukuran pengetahuan gizi. Bogor: IPB Press
Meiklejohn, S., Ryan, L., Palermo, C. (2016). A Systematic Review of the Impact of Multi-Strategy Nutrition Education Programs on Health and Nutrition of Adolescents. Journal of Nutrition Education and Behavior. 48 (9), 631-646.
Palupi, K. C., Sa’pang, M., Swasmilaksmita, P. D. (2018). Edukasi gizi seimbang pada anak sekolah dasar di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Jurnal Abdimas. 5 (1), 49-53.
Puspasari, K., Octavia, K., Dewi, Y., Ramdayani, Z., Roza, I. D. (2024). Pengaruh edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang jajanan sehat pada siswa/siswi kelas VI SDN Mekarmukti 06. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 7 (1), 307-311.
Putra, D. A., Maulana, N., Kurnia, N. M., Handriyanto, N. T., Rachmah, A. S. Y. (2023). Peningkatan kesadaran gizi dan kesehatan masyarakat melalui program penyuluhan terpadu di sdn 01 kadubeureum dan sdn paleuh sindangheula, kecamatan pabuaran. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6 (9), 3062-3073
Wang, D., Shinde, S., Young, T., Fawzi, W.W. (2021) Impacts of school feeding on educational and health outcomes of school-age children and adolescents in low- and middle-income countries: A systematic review and meta-analysis. J. Glob. Health, 11, 1–27
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3207-3214
Refbacks
- There are currently no refbacks.