PEMBUATAN KEMASAN PRODUK DAN EDUKASI E-COMMERCE PADA UMKM JINTEN DAN SISTIK DI DESA GARAWANGI KABUPATEN MAJALENGKA
Abstract
Permasalahan utama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) jinten dan sistik di Desa Garawangi adalah masih kurangnya pengetahuan tentang e-commerce. Kemasan produk yang dimiliki juga masih belum menarik, sehingga hal tersebut diduga dapat menurunkan kualitas produk apabila dipasarkan melalui e-commerce. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pembuatan kemasan produk baru dan memberikan edukasi mengenai e-commerce pada pelaku UMKM di Desa Garawangi. Kegiatan ini dilakukan pada 21-27 Agustus 2022 meliputi tahap observasi, pembuatan kemasan produk, dan pemaparan materi edukasi tentang e-commerce. Tahap observasi dilakukan dengan wawancara langsung. Tahap pembuatan kemasan produk dilakukan dengan menggunakan program grafis di komputer dan selanjutkan dilakukan pencetakan pada plastik kemasan. Tahap edukasi tentang e-commerce dilakukan pada lima orang pelaku UMKM dengan menggunakan media flipbook. Keberhasilan kegiatan edukasi dinilai dengan memberikan pertanyaan pre-test dan post-test. Hasil kegiatan yang dicapai adalah terciptanya kemasan baru untuk produk jinten dan sistik. Kemasan baru tersebut dinilai lebih menarik dengan adanya penambahan gambar berwarna, informasi logo dan nama produk, serta keterangan komposisi bahan. Selain itu, tingkat pengetahuan pelaku UMKM meningkat setelah adanya kegiatan edukasi tentang e-commerce (skor meningkat dari 63.5 poin menjadi 85.0 poin). Perbaikan kemasan produk dan edukasi tentang e-commerce dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas produk dan tingkat pengetahuan pelaku UMKM jinten dan sistik di Desa Garawangi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwendi. (2020). Penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing usaha. Jurnal manajemen bisnis. Vol. 17 No.3. Hal. 317-325.
Apriyanti, M., E. 2018. Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons. Vol. 10 No. 1. Hal. 20-27.
Escursell, S., Llorach-Massana, P., Roncero, M., B. (2021). Sustainability in e-commerce packaging: A review. Journal of Cleaner Production. Vol 280 No 1. Hal. 1-17.
Hidayat, Y., Triharyanto, E. Peningkatan daya jual aneka produk olahan makanan melalui teknik pengemasan produk. Jurnal Kewirausahaan dan bisnis. Vo. 19 No. 10. Hal. 45-53.
Huzaimi, E.S., Rozci, F. (2023). Pengenalan dan pemberdayaan e-commerce pada UMKM kerupuk kaisar di Desa Sumberrejo Kabupaten Pasusuan. JIPM : Jurnal pengabdian masyarakat. Vol. 1 No. 3.
Putri, A., D. Permatasari, B., Suwarni, E. (2023). Strategi desain kemasan sebagai upaya peningkatan daya jual produk UMKM kelurahan labuhan dalam bandarlampung. Home. Vol. 4 No. 1. Hal. 119-123.
Simangunsong, B.Y.P. (2022). Peluang dan tantangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) : systematic literature review. Jurnal ekonomi pembangunan. Vol.1 No.1. Hal. 25-39.
Sugianto, N., Utama, F., P. 2021. E-commerce untuk optimalisasi pemasaran produk di era digital bagi usaha mikro kelompok tani pangestu rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong. JPKM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 27 No. 1. Hal. 14-20
Tokar, T., Jensen, R., Williams, B.,D. (2021). A guide to the seen costs and unseen benefits of e-commerce. Business Horizons. Vol 64 No 3.
Yan, M.R. Hsieh, S., Ricacho, N. (2022). Innovative food packaging, food quality and safety, and consumer perspective. Processes. Vol.10 No.4. Hal. 1-13.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3201-3206
Refbacks
- There are currently no refbacks.