EDUKASI DAN REKOMENDASI AKTIVITAS FISIK SISWA DI SMAN 1 SUNGAI RAYA PONTIANAK
Abstract
Aktivitas fisik memiliki peran penting dalam perkembangan fisik dan mental siswa. Namun, tingkat partisipasi dalam aktivitas fisik pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di lingkungan sekolah sering kali kurang optimal. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, diupayakan strategi untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam aktivitas fisik yang sehat dan bermanfaat melalui kegiatan pemberian edukasi dan rekomendasi aktivitas fisik. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengidentifikasi program aktivitas fisik yang efektif bagi siswa SMA. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif yang melibatkan siswa dan guru pembimbing. Program PKM dirancang berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh melalui survei. Implementasi program ini dilakukan pada siswa SMAN 1 Sungai Raya Pontianak dengan pemberian edukasi dan rekomendasi aktivitas fisik, hasil edukasi PKM menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa terkait manfaat dan pentingnya aktivitas fisik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam melakukan aktivitas fisik di lingkungan sekolah. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang difokuskan pada edukasi dan pemberian rekomendasi aktivitas fisik bermanfaat dalam meningkatkan partisipasi serta kesehatan siswa SMAN 1 Sungai Raya Pontianak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Erliana, E., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 225–228.
Fitriani, A., Setyowati, Y. D., & Arumsari, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi Berbasis Praktik. Journal of Independent Community, 4(4), 560–569. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2361
Haeril, H., Rahman, A., Ichsani, I., & (2023). PkM Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik Sebagai Upaya Penurunan Angka dan Pencegahan Stunting Pada Anak. Jurnal Dharma, 3(1), 14–21. https://ejournal.unib.ac.id/dharmapendidikan/article/view/27374%0Ahttps://ejournal. unib.ac.id/dharmapendidikan/article/download/27374/12257
Hasan, M. F., Bahri, S., Ramania, N. S., Kusnaedi, K., Karim, D. A., & Juniarsyah, A. D. (2019). Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 4(2). https://doi.org/10.5614/jskk.2019.4.2.6
Mustar, Y., Susanto, I. H., Bakti, A. P., & ... (2020). Pembinaan Partisipasi Aktif Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Siswa. CARADDE: Jurnal …, 3, 110–115. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/474%0Ahttps://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/download/474/327
Putra, K. P., Kinasih, A., & Kriswandaru, P. (2018). Gambaran Aktivitas Fisik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Salatiga. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani UMMI, 5, 244–248.
Razi, P. (2023). Poltekita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4, 937–942. https://doi.org/10.33860 /pjpm.v4i4.2300
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3174-3180
Refbacks
- There are currently no refbacks.