OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LUKIS BERBASIS PROBLEM BASE LEARNING MELALUI KONTEN SIPEJAR TERINTEGRASI DENGAN VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN HYBRID ADAPTIF MAHASISWA
Abstract
Optimalisasi pembelajaran lukis berbasis Problem Based Learning (PBL) dilakukan melalui integrasi konten SIPEJAR dengan Virtual Laboratorium dalam pembelajaran hybrid adaptif bagi mahasiswa, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kritis dan kreatif dalam seni lukis. Metode PBL ini memungkinkan simulasi praktik yang realistis dan interaktif dengan mengintegrasikan SIPEJAR dan Virtual Laboratorium, sehingga mahasiswa dapat mengalami pembelajaran yang lebih mendalam dan praktis. Pelaksanaan ini melibatkan pengembangan konten terstruktur, pelatihan bagi dosen, dan evaluasi berkelanjutan guna memastikan efektivitas pembelajaran. Dari hasil yang didapat, terjadi peningkatan signifikan dalam keterlibatan, pemahaman, dan keterampilan teknis mahasiswa dalam seni lukis. Evaluasi lebih lanjut menunjukkan bahwa pembelajaran hybrid adaptif yang memanfaatkan teknologi virtual serta PBL mampu meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Integrasi ini tidak hanya membuat proses pembelajaran lebih menarik tetapi juga memastikan bahwa mahasiswa memperoleh keterampilan yang relevan dan aplikatif dalam bidang seni lukis, sehingga meningkatkan kompetensi mereka secara komprehensif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta analisis: Komparasi pengaruh model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/871
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/924
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/968
Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/4
Izza, J. N., Anggarani, D. A., Aruna, A., & Susanto, H. (2024). Mewujudkan Industri Tempe Malang Ramah Lingkungan melalui Pemanfaatan Limbah Produksi sebagai Pupuk. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 505–513. http://penerbitgoodwood.com/index.php/jpm/article/view/2657
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/753
Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Diksains Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Masruroh, A., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nature of Science (NoS) Dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12257
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/544
Prasetyo, A. R., Wulandari, D. W., Sayono, J., Aruna, A., Surya, E. P., & Firdaus, Z. (2023). Optimizing the Potential of Batik Puspita Industrial Waste for High-Quality, Sustainable Candles. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS), 5(1), 113–117. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8416
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/362
Purnamasari, I., Redjeki, E. S., Desyanty, E. S., Firdaus, Z., & Aruna, A. (2023). Peningkatan Kapasitas Pembelajaran Indoor dan Outdoor PAUD Melalui ABCD di TK/KB Laboratorium UM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.87
Putri, F. P. W., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 496–504. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/356
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Susanto, H., Izza, J. N., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Pelatihan Penerapan Ilmu Pertanian Dasar Menggunakan Massive Open Online Course. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 1310–1322. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i3.6605
Susanto, H., Izza, J. N., Sulfa, D. M., Rahmita, L., Anggarani, D. A., & Aruna, A. (2023). Mewujudkan Desa Pakisjajar, Malang Sebagai Desa Ramah Sampah Melalui Pelatihan Pengolahan Limbah Rumah Tangga. Prosiding SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER Fakultas Ekonomi, 2, 78–85. https://journal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/1270
Yuhana, M. N., Muslihati, M., & Fauzan, L. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Videoedukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Studi Lanjut Bagi Siswa Kelas 9 SMP. Jurnal Pembelajaran Bimbingan Dan Pengelolaan Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p897-905
Zahrawati, F. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/93
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3092-3107
Refbacks
- There are currently no refbacks.