STRATEGI PENINGKATAN PEMANTAUAN KINERJA DAN PERSONALISASI PEMBELAJARAN DENGAN 'STUDENT LEARNING ANALYTICS WITH TABLEAU' UNTUK MAHASISWA PPG SENI BUDAYA
Abstract
Peningkatan pemantauan kinerja dan personalisasi pembelajaran bagi mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Rumpun Seni Budaya melalui materi kursus "Student Learning Analytic with Tableau" menjadi tujuan utama dari kegiatan ini. Metodologi yang diterapkan mencakup analisis kebutuhan mahasiswa, perancangan kurikulum, serta evaluasi implementasi kursus. Kursus ini didesain untuk memperkenalkan mahasiswa pada konsep dan praktik analitik pembelajaran menggunakan Tableau, sebuah alat visualisasi data yang kuat dan canggih. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa untuk memantau kinerja akademik mereka secara mandiri serta menerapkan personalisasi pembelajaran yang lebih efektif. Evaluasi yang dilakukan melalui survei dan wawancara mendalam mengonfirmasi efektivitas kursus ini dalam mendukung strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan berbasis data. Selain itu, mahasiswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Tableau untuk menganalisis data pembelajaran mereka. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam memodernisasi pendekatan pengajaran dan memastikan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21, dengan memanfaatkan teknologi analitik dan visualisasi data untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan individu mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Nasheri, A. A., & Alhalafawy, W. S. (2023). Opportunities and Challenges of Using Micro-learning during the Pandemic of COVID-19 from the Perspectives of Teachers. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(9), 1195–1208. https://www.jrtdd.com/index.php/journal/article/view/1691
Basith, A., & Al-Bari, A. (2022). Penguatan Pendidikan Kewirausahaan dengan Media Micro Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 1–11. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1880
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fitriana, I., Soraya, F., Surya, E. P., Aruna, A., & Prasetyo, A. R. (2024). Pelatihan Program Komposter Ramah Lingkungan (KRL) SDM SD Islam Plus Al-Azhar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 11(2), 183–190. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/ppkm.v11i2.5843
Friedler, A. (2018). Teachers training micro-learning innovative model: Opportunities and challenges. 2018 Learning With MOOCS (LWMOOCS), 63–65. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8534647/
Govender, K. K., & Madden, M. (2020). The effectiveness of micro-learning in retail banking. South African Journal of Higher Education, 34(2), 74–94. https://doi.org/10.20853/34-2-3733
Haghighat, H., Shiri, M., & Abdar, M. E. (2023). The effect of micro-learning on trauma care knowledge and learning satisfaction in nursing students. BMC Medical Education, 23(1), 622. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04609-2
Halbach, T., & Solheim, I. (2018). Gamified Micro-Learning for Increased Motivation: An Exploratory Study. International Association for Development of the Information Society. https://eric.ed.gov/?id=ED600597
Iriaji, I., Taufani, A. R., Ratnawati, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Digital Infrastructure for Edusociopreneurship in Tempe Industry: Developing and Optimizing Communal Spaces. International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 5(1), 18–22. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8420
Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Diksains Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Major, A., & Calandrino, T. (2018). Beyond chunking: Micro-learning secrets for effective online design. FDLA Journal, 3(1), 13. https://nsuworks.nova.edu/fdla-journal/vol3/iss1/13/
Masruroh, A., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nature of Science (NoS) Dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12257
Nikou, S. A., & Economides, A. A. (2018). Mobile‐Based micro‐Learning and Assessment: Impact on learning performance and motivation of high school students. Journal of Computer Assisted Learning, 34(3), 269–278. https://doi.org/10.1111/jcal.12240
Prasetyo, A. R., Sayono, J., Nidhom, A. M., Rahmawati, N., Roziqin, M. F. A., Aruna, A., Surya, E. P., & Marcelliantika, A. (2024). Pengembangan Aset Brand Guidelines sebagai Alat Pendukung Program 3S di Wisata Jeruk Desa Samar. Indonesian Journal of Tourism Business and Entrepreneurship, 1(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/ijtbe.v1i1.1464
Purnamasari, I., Sari, Z. N., Prasetyo, A. R., Marcelliantika, A., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Rancang Desain Sistem Informasi Produk Unggulan Desa Pakisjajar, Kabupaten Malang, Jawa Timur Berbasis Progresive Web-App. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.93
Rafli, M. A., & Adri, M. (2022). Pengembangan Micro-Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang Berbasis Media. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1149–1156. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3044/2591
Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Local Art Wall Decor: Development and Edusociopreneurship at TK Lab UM. International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS), 5(1). http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8424
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Shamir-Inbal, T., & Blau, I. (2022). Micro-learning in designing professional development for ICT teacher leaders: The role of self-regulation and perceived learning. Professional Development in Education, 48(5), 734–750. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1763434
Yuhana, M. N., Muslihati, M., & Fauzan, L. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Videoedukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Studi Lanjut Bagi Siswa Kelas 9 SMP. Jurnal Pembelajaran Bimbingan Dan Pengelolaan Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p897-905
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3054-3073
Refbacks
- There are currently no refbacks.