TRANSFORMASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MICRO LEARNING DALAM MATAKULIAH ANALISIS DATA PENELITIAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA

Iriaji Iriaji, Abdul Rahman Prasetyo, Ike Ratnawati, Dinda Cahya Indraswari, Eka Putri Surya, Alby Aruna, Adinda Marcelliantika, Ginanjar Atma Wijaya

Abstract


Dalam era digital saat ini, micro learning telah menjadi strategi pembelajaran yang semakin populer karena kemampuannya untuk menyajikan konten pendidikan dalam potongan-potongan kecil yang mudah dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi strategi pembelajaran terintegrasi micro learning dalam matakuliah Analisis Data Penelitian pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang fokus kepada aset micro learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan penerapan analisis data di kalangan mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa integrasi micro learning dalam kursus Analisis Data Penelitian dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan manfaat signifikan dalam pemahaman materi yang lebih dalam dan aplikatif. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa institusi pendidikan tinggi harus mempertimbangkan penerapan strategi micro learning sebagai metode pembelajaran alternatif yang efektif, terutama dalam kurikulum yang membutuhkan pemahaman analitis yang kuat.

Keywords


MOOC; Analisis Data; Seni Rupa

Full Text:

PDF

References


Al-Nasheri, A. A., & Alhalafawy, W. S. (2023). Opportunities and Challenges of Using Micro-learning during the Pandemic of COVID-19 from the Perspectives of Teachers. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(9), 1195–1208. https://www.jrtdd.com/index.php/journal/article/view/1691

Basith, A., & Al-Bari, A. (2022). Penguatan Pendidikan Kewirausahaan dengan Media Micro Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 1–11. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1880

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Friedler, A. (2018). Teachers training micro-learning innovative model: Opportunities and challenges. 2018 Learning With MOOCS (LWMOOCS), 63–65. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8534647/

Govender, K. K., & Madden, M. (2020). The effectiveness of micro-learning in retail banking. South African Journal of Higher Education, 34(2), 74–94. https://doi.org/10.20853/34-2-3733

Haghighat, H., Shiri, M., & Abdar, M. E. (2023). The effect of micro-learning on trauma care knowledge and learning satisfaction in nursing students. BMC Medical Education, 23(1), 622. https://doi.org/10.1186/s12909-023-04609-2

Halbach, T., & Solheim, I. (2018). Gamified Micro-Learning for Increased Motivation: An Exploratory Study. International Association for Development of the Information Society. https://eric.ed.gov/?id=ED600597

Iriaji, I., Husain, A. H., Ratnawati, I., Sari, N. M., Roziqin, M. F. A., Surya, E. P., & Aruna, A. (2023). Evaluasi usabilitas dan fungsionalitas perangkat lunak ruang kelas virtual reality untuk mata kuliah estetika konvensional menggunakan system usability scale dan black box testing. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 337–351. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=RV3EkDYAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=RV3EkDYAAAAJ:j3f4tGmQtD8C

Iriaji, I., Taufani, A. R., Prasetyo, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Pagelaran Pottery Village: Culture-Education Resin-Concrete Souvenir in Industrial Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16192

Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Diksains Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108

Major, A., & Calandrino, T. (2018). Beyond chunking: Micro-learning secrets for effective online design. FDLA Journal, 3(1), 13. https://nsuworks.nova.edu/fdla-journal/vol3/iss1/13/

Masruroh, A., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nature of Science (NoS) Dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12257

Nikou, S. A., & Economides, A. A. (2018). Mobile‐Based micro‐Learning and Assessment: Impact on learning performance and motivation of high school students. Journal of Computer Assisted Learning, 34(3), 269–278. https://doi.org/10.1111/jcal.12240

Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Taufani, A. R., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). MOOC for Pagelaran Pottery Village: Boosting Income through Design Educational Tourism. KnE Social Sciences, 9(15), 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16195

Rafli, M. A., & Adri, M. (2022). Pengembangan Micro-Learning Pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Negeri Padang Berbasis Media. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1149–1156. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3044/2591

Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2023). Ecoprint Souvenirs Product Diversification Boost SME Competitiveness: Sanan Village Case Study. International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 5(1), 97–101. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/8447

Ratnawati, I., Prasetyo, A. R., Iriaji, I., Aruna, A., & Surya, E. P. (2024). Interactive Batik & HR Incubation for Art-Technopreneurship: Mantraman Village Pilot Project. KnE Social Sciences, 9(15), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.18502/kss.v9i15.16191

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546

Shamir-Inbal, T., & Blau, I. (2022). Micro-learning in designing professional development for ICT teacher leaders: The role of self-regulation and perceived learning. Professional Development in Education, 48(5), 734–750. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1763434

Yuhana, M. N., Muslihati, M., & Fauzan, L. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Videoedukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Perencanaan Studi Lanjut Bagi Siswa Kelas 9 SMP. Jurnal Pembelajaran Bimbingan Dan Pengelolaan Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p897-905




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3037-3053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.