IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SD

Satriawati Satriawati, Apif Bidala, Nursita Dewi, Ivon Mariam, M. Farhan, Sri Muliana, Nur Fasbir Rusaji Absar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis outdoor learning dan menganalisis dampaknya terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Studi ini dilakukan di SD Muhammadiyah IDI Tello Baru di Makassar, dengan fokus pada siswa kelas V. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data, dan metode yang digunakan termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di luar ruangan dilaksanakan dalam tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media pembelajaran yang digunakan mencakup lembar kerja siswa, alat peraga, dan objek langsung di lingkungan. Dampak positif terhadap kreativitas siswa terlihat dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif, munculnya ide-ide baru, dan peningkatan keterampilan menghasilkan karya kreatif. Meskipun efektif, pelaksanaan outdoor learning menghadapi tantangan seperti kondisi cuaca dan pengaturan waktu.


Keywords


Outdoor Learning, Media Pembelajaran, Kreativitas Siswa, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(4), 453–459. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Andika, S. A. M., Selvi, N., & Hastati, S. (2023). Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatkan Motivasi Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan. Journal of Elementary Education, 1(2), 114–120.

Evayani, N. L. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Outdoor Dalam. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 391–400.

Fadila, N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Di Sekolah Kreatif Sd Muhammadiyah 16 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor learning.Jakarta; Prestasi Pustaka Raya

Johnson, A., Smith, B., & Brown, C. (2023). The Impact of Outdoor Learning on Children's Creativity and Problem-Solving Skills. Journal of Educational Psychology, 115(2), 245-260.

Nur, A. M., Nandu, A., & Nasrah, N. (2023). Metode Outdoor Learning Dalam Penerapannya Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Upt Sdn 49 Lappo Ase Kabupaten Bone. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 79–90. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9804

Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Thomas, G. J., & Munge, B. (2017). Innovative outdoor fieldwork pedagogies in the higher education sector: Optimising the use of technology. Journal of Outdoor and Environmental Education, 20(1), 7–13. https://doi.org/10.1007/BF03400998

Waite, S. (2011). Teaching and learning outside the classroom: Personal values, alternative pedagogies and standards. Education 3-13, 39(1), 65–82. https://doi.org/10.1080/03004270903206141

Waller, T., Ärlemalm-Hagsér, E., Sandseter, E. B. H., Lee-Hammond, L., Lekies, K., & Wyver, S. (Eds.). (2021). The SAGE Handbook of Outdoor Play and Learning. SAGE Publications.

Wilson, A. (2020). Creativity in Primary Education (3rd ed.). SAGE Publications.

Zhang, Y., & Lee, J. (2022). Innovative Media in Outdoor Education: Enhancing Elementary Students' Creative Thinking. International Journal of Educational Technology, 9(1), 78-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.3187-3192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.