PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI KECAMATAN GALELA UTARA

Sahjad M.Aksan, Agus Agus, Amanan Sulaiman, Sartika Salim, Nur Rahmah Asnawi

Abstract


Kemampuan menulis karya ilmiah merupakan kompetensi penting bagi pengembangan profesionalisme guru, namun masih menjadi tantangan di daerah terpencil seperti Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menulis karya ilmiah melalui program pendampingan intensif. Mengadopsi model Participatory Action Research (PAR), program dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan 20 guru dari berbagai madrasah. Metode pengumpulan data meliputi pre-test dan post-test, observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual (27,69%) dan motivasi peserta, dengan 68,18% peserta berhasil menyelesaikan draft karya ilmiah. Tantangan utama meliputi keterbatasan waktu, variasi kemampuan awal, dan akses literatur. Strategi keberlanjutan mencakup pembentukan komunitas penulis, kerjasama institusional, dan pendampingan jarak jauh. Pengabdian ini berkontribusi pada pengembangan model peningkatan kompetensi guru di daerah terpencil dan berpotensi berdampak positif terhadap kualitas pendidikan secara keseluruhan.


Keywords


karya ilmiah, pengembangan profesional guru, PAR

Full Text:

PDF

References


Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods (2nd ed.). McGraw-Hill.

Hidayat, R., & Patras, Y. E. (2023). Pengaruh kemampuan menulis karya ilmiah terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 85-93. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.3727

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research (3rd ed., pp. 559-603). Sage.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2020). Giving creativity room to students through the friendly school's program. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(4), 1171-1178.

McNiff, J. (2013). Action research: Principles and practice (3rd ed.). Routledge.

Nurhalimah, N., & Muzakki, M. (2021). Strategi peningkatan kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 171-183. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38520

Pratama, H., & Latiana, L. (2022). Analisis kesulitan guru dalam menulis karya ilmiah: Studi kasus di Provinsi Maluku Utara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1841-1851. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1813

Reason, P., & Bradbury, H. (Eds.). (2008). The SAGE handbook of action research: Participative inquiry and practice (2nd ed.). Sage.

Stringer, E. T. (2014). Action research (4th ed.). Sage.

Sumarni, W., Sudarmin, S., & Wiyanto, W. (2021). The effect of scientific publication training on teachers' motivation and ability to write scientific papers. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 7(1), 38-52. https://doi.org/10.30870/jppi.v7i1.10638

Widodo, S., Ferdianto, F., & Budiyanto, C. W. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 353-370. https://doi.org/10.22146/jpkm.44722

Zuber-Skerritt, O., & Fletcher, M. (2007). The quality of an action research thesis in the social sciences. Quality Assurance in Education, 15(4), 413-436.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2857-2864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.