PEMANFAATAN INSTAGRAM CAROUSEL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK AKSESORIS MENGGUNAKAN CANVA DESIGN
Abstract
Kelurahan Rawa Panjang memiliki banyak potensi dan produk yang dihasilkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM). Proses pemasaran produk dilakukan secara konvensional dan belum melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Instagram. Sebagai media sosial yang mengandalkan konten visual, Instagram menyediakan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis. Salah satunya, fitur Instagram carousel yang berguna untuk meningkatkan interaksi pengguna Instagram dan memperbesar potensi terjadinya konversi penjualan. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan penulis berupa pelatihan penerapan Instagram Carousel sebagai media promosi dengan menggunakan Canva Design sebagai upaya meningkatkan engagement dan mempromosikan produk – produk yang du hasilkan oleh ibu –ibu pengrajin aksesoris di Kelurahan Rawa Panjang, Bogor. Kegiatan yang dilakukan oleh tim berupa pelatihan dan pendampingan dilaksanakan selama 8 bulan, dengan metode pelaksanaan terdiri dari 4 tahapan, yakni: persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi kegiatan. PKM bertujuan agar ibu – ibu pengrajin aksesoris di kelurahan Rawa Panjang, Bogor mengetahui dan tertarik untuk menerapkan Instagram Carousel menggunakan aplikasi Canva Design. Monitoring dan evaluasi akan dilakukan untuk memastikan keberhasilan implementasi solusi tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Farabi, M. L., & Febrianita, R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten untuk Personal Branding Pada Karang Taruna Dusun Babatan Dua Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 2(2), 66-75.
Dewi, S. N., Riyadi, J. S., & Haryanto, A. T. (2020). Dimensi Social Media Marketing Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Umkm Di Wilayah Boyolali Dengan Kemampuan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi. ProBank, 5(1), 36-44.
Lailia, V. R., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(2), 01-10.
Pasaribu, R. (2020). Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan. Journal Of Economics And Business, 2(1), 50-60
Rasyid, A. A., & Purwanti, A. (2020). Pemanfaatan instagram oleh generasi milenial sebagai media bisnis online di kota batam. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 1(12), 1-8.
Safitri, D. (2022, December). Pemanfaatan Copywriting untuk Meningkatkan Brand Awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). In Prosiding Seminar Nasional Wijayakusuma National Conference (Vol. 3, No. 1, pp. 30-34).
Supriyati, E., Iqbal, M., & Listyorini, T. (2023). Instagram sebagai Salah Satu Alat Pemasaran pada UMKM Widi Unique Kudus. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 676-685.
Rahmanatasya, L., & Khabibah, U. (2023). EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI MELALUI INSTAGRAM DENGAN PEMBUATAN E-CATALOG MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PRO PADA UMKM REZA_LINTACRAFT MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 1-6.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259
Witi, F. L. (2021). Membangun E-Commerce: Teori, Strategi dan Implementasi. Amerta media.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2763-2770
Refbacks
- There are currently no refbacks.