(2) Sugeng Wibowo
(3) Sunarto Sunarto
*corresponding author
AbstractForum TPA Muhammadiyah Ponorogo terdiri dari 43 lembaga, dari 43 lembaga tersebut yang memiliki seni hadroh 3 lembaga. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal, seperti kurangnya sarana fasilitas dan belum banyak guru yang menguasai seni hadroh. Berdasarkan permasalahan tersebut pengabdian ini mengadakan pelatihan seni hadroh. Metode yang digunakan adalah learning by doing, teori dan praktek. Hasilnya peserta memiliki pemahaman berharga tentang konsep-konsep hadroh, jenis-jenis instrument hadroh dan cara bermain hadroh, dalam prakteknya peserta bisa menguasai dasar-dasar bermain, sehingga masih dibutuhkan banyak latihan-latihan secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.  KeywordsSeni, Hadrah, Muhammadiyah, Ponorogo
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v7i9.3498-3504 |
Article metricsAbstract views : 16 | PDF views : 11 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Agus Setyo Wardoyo, A. P. (2021). Perspektif Seni Dalam Islam : Pelatihan Hadrah Pada Anak – Anak Di Dusun Kalitelon RT 03 Rw 04 Kaligentong, Gladaksari, Boyolali. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 53-58.
Alip Sugianto, R. M. (2022). Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri) , 3551-3560.
Alip Sugianto, W. K. (2023). Pelatihan Berkisah Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an Muhammadiyah Ponorogo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 863-870.
Aqilah Mumtaza, K. A. (2022). Proses Pembelajaran Kesenian Hadroh Di Kanak-Kanak Al Qur'an Taman Pendidikan Ar Rohmah. Ekspresi Art Journal, 90-98.
Dhea Nanda Listiani, F. Y. (2022). Pendampingan Hadroh Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Berselawat Pada Masa Pandemi. Journal Of Dedication Based On Local Wisdom, 57-68.
Faizal Chan, A. H. (2023). Pelatihan Pengembangan Diri Kesenian Hadroh Pada Peserta Didik Di Sdn 111/I Muara Bulian. Communnity Development Journal, 7655-7659.
Fajar, R. M. (2023). Pelatihan Al-Banjari Untuk Meningkatkan Semangat Kegiatan Rutinan Pembacaan Al-Barzanji Santri Pondok Pesantren Ar-Roudotussibyan Desa Cihanjawar. Jurnal Pengabdian Masyarakat:Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 8-16.
Khoiri, M. (2020). Masjid Al-Ikhlas Sebagai Pusat Budaya Keagamaan Islam Masyarakat Tempel, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Juspi (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 195-203.
Magfirotul Hamdiah, M. (2023). Peran Mahasiswa Kkn Dalam Pengembangan Seni Hadroh Guna Membentuk Karakter Generasi Muda Perempuan Masjid Baitur Rohman Jatiadi. Al Khidmah, 270-277.
Miller. (1970). Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media.
Muhammad Iqbal, T. A. (2023). Strategi Pemberdayan Masyarakat Melalui Seni Hadroh di Dukuh Krajan Desa Bedrug Kecamatan Pulung. Social Science Academic, 91-98.
Muhammad Nurdi, D. P. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Ekstrakurikuler Seni Hadroh di Madrasah Diniyah Miftahul ‘Ulum Kesugihan, Pulung, Ponorogo. Social Science Academic, 457-470.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download