PELATIHAN FUNDAMENTAL USAHA DAN PENGEMBANGAN PRODUK INOVASI KEPADA SISWA SMAN 3 DENPASAR

Made Adi Paramartha Putra, Putu Trisna Hady Permana, Gusti Made Indra Satriawan

Abstract


Kemampuan wirausaha masyarakat Indonesia masih relatif rendah. Menuju Indonesia emas pada tahun 2045, peningkatan terhadap minat membuka usaha pada generasi muda Indonesia perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan minat generasi muda, khususnya pada siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN) 3 Denpasar, Bali. Pada kegiatan pelatihan dilakukan pretest dan postest untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap konsep wirausaha. Selain menjadi acuan pemahaman, pretest juga merupakan dasar untuk menjabarkan materi agar lebih relevan dengan pengetahuan dasar yang dimiliki peserta. Hal ini sejalan dengan metode yang digunakan, yaitu observasi lapangan. Selanjutnya, postest diberikan untuk melihat dan mengukur seberapa besar peningkatan yang didapatkan oleh peserta pelatihan. Adapun beberapa jenis topik materi yang disampaikan mencangkup: fundamental usaha, bagaimana cara memulai usaha, mekanisme pemetaan usaha dengan menggunakan bussiness model canvas (BMC), pengembangan inovasi produk, hingga cara mengelola keuangan sederhana di dalam usaha. Dari kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat membangkitkan minat membuka, mengelola dan mengatur keuangan usaha di kalangan generasi muda, khsusunya di SMAN 3 Denpasar.

Keywords


fundamental usaha, invoasi produk, ide bisnis, manajemen usaha

Full Text:

PDF

References


Biasa, K. M., Tumbel, A. L., Walangitan, M. D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). Pemanfaatan Sistem Pemasaran Online Dan Strategi Pemasaran Dalam Menigkatkan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemic Covid-19 (Study Kasus Online Shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2),948–956.

BPS (2023). Statistik Karakteristik Usaha 2022/2023. Volume 5, 2023.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika. Volume 3 No 2, 2017.

Irawati, R. ., & Prasetyo, I. B. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Dan Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.

Jamira A., Febriani, Y., & Amali. M. (2021). Business Model Canvas (BMC): Sebuah Pendekatan Dalam Mendorong Mindset Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis. 205-214.

Jannah, M. (2014). Strategi Inovasi Produk Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).

Kemendag. (2024). Kemendag Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Triliun. Pojok Media, 2024.

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. NUSANTARA, 3(2), 150-165.

Maulidah, F. L., & Oktafia, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Mikro Serta Dampaknya Bagi Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Kweden Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo (Menurut Pandangan Maqashid Syariah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Volume 6 Nomor 3, 2020.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 9 Nomor 2, 2016.

Rossi, I. P. A. A., & Mahadewi, K. J. (2024). Sosialisasi Peran Generasi Muda Dalam Pelaksana Pemilu Damai Di Desa Dangin Puri Klod . MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 7 Nomor 5, 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2672-2679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.