SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI OBJEK WISATA LEMBU PUTIH DESA TARO KABUPATEN GIANYAR
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat saat ini dilakukan oleh Fakultas Hukum dengan bersinergi dengan UKM I SEE Universitas Pendidikan Nasional yang berlangsung pada Sabtu 25 Mei 2024 di kawasan Lembu Putih, Desa Taro, Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar.Dalam Kegiatan ini berjudul Penggunaan Media Sosial Dalam Pemanfaatan Promosi Objek Wisata Lembu Putih Desa Taro Kabupaten Gianyar . Melihat keberadaan lembu putih ini merupakan salah satu hewan yang langka keberadaanya hanya ada di Desa Taro serta jika kita lihat dalam sosial budaya yang tercermin di Bali Lembu merupakan hewan yang disucikan di Bali yang dimana dipergunakan saat upacara dan penggunaanya untuk orang yang berkasta. Hal ini tentu menjadi daya tarik yang ada dalam Desa Taro sendiri dimana keberadaan Lembu Putih hanya berada pada wilayah ini saja. Dalam kaitanya dengan kemajuan teknologi perlunya ada pemnfaatan sosial media dipergunakan sebagai saran promosi objek wista sebagai sarana informasi yang nantinya sebagai sarana edukasi. Adapun rumusan masalah diperoleh dalam laporan ini , pertama Bagaimana Peran Media sosial dalam sosial branding objek wisata lembu putih ? Metode yang dipergunakn dalam laporan ini adalah dengan menggunakan sosialisasi yang dilakukan dalam pemberian informasi yang diberikan dalam menjawab tantangan akan kemajuan teknologi dalam pemnfaatan objek wista. Objek Lembu Putih ini masih perlu dilakukan peran serta pemerintah dan masyarakat agar dapat berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eni, S. P., Sudarwani, M. M., & Widati, G. (2020). Pemanfaatan Material Daur Ulang Untuk Pengembangan Karya Seni Dan Kerajinan Di Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Tim. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 2(1), 301–311.
Havianto, C. A., & Artiningrum, T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Objek Wisata Bumi Almira. Geoplanart, 4(2), 91–103.
Indika, D. R. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN, 01, 25–32.
Tengah, J., Purnomo, A. B., Prakoso, M. T., & Akhmad, K. A. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi ( Studi pada Toko Online Wildtroops . co, 729–732.
Wibisino, T., & Mulyani, Y. S. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 1–7.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.
Zuniananta, L. E. (2021). Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(4), 37–42.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2535-2543
Refbacks
- There are currently no refbacks.