PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK PADA KELOMPOK USAHA KERIPIK DI KELURAHAN 13 ULU PALEMBANG

Roswaty Roswaty, Imelda Saluza, Dewi Sartika, Indah Permatasari

Abstract


Usaha kecil, mikro, dan menegah (UMKM) harus bersaing dalam pemasaran produk karena globalisasi pasar. Revolusi Industri 4.0 adalah hasil dari kemajuan teknologi yang cepat. Ini memungkinkan bisnis untuk lebih inovatif. Namun, bagi beberapa UMKM, seperti Raja Keripik (RK), yang merupakan mitra Program Kemandirian Masyarakat (PKM), hal ini menjadi masalah. RK selama ini bergantung pada promosi konvensional, seperti mulut ke mulut dan penyebaran produk ke toko-toko di sekitarnya. Pada tanggal 13 Januari 2024, tim PKM melakukan observasi langsung ke lokasi mitra. Bisnis Raja Keripik (RK) dipimpin oleh Ibu Ria Reski dan terdiri dari empat Ibu Rumah Tangga. Mitra telah melakukan upayanya selama lebih dari lima tahun. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membantu mitra memahami pengetahuan dan keterampilan sehingga pemasaran yang dilakukan dapat mengalami inovasi dengan memanfaatkan teknologi dan produk yang dihasilkan. Output dari workshop inovasi produk keripik sukun akan berupa penambahan varian produk, publikasi online, paten logo mitra, dan draf artikel ilmiah yang akan dipublikasikan. Selain itu, hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam melakukan inovasi produk, peningkatan pendapatan mitra—dari harga keripik singkong semula Rp 60.000/kg menjadi Rp 80.000/kg—dan inovasi dalam cara penjualan, yang sebelumnya hanya dilakukan dari mulut ke mulut sekarang menggunakan pemasaran media sosial.

 

Keywords


Inovasi; Media Sosial; UMKM; Usaha Dagang; Kemandirian Usaha

Full Text:

PDF

References


Kingsnorth S. Digital Marketing Strategy. An Integrated Approach to Online Marketing. 2016. 339 p.

Mandal P. Understanding Digital Marketing Strategy. (2017). International Journal of Science and Management Studies. 5(6): 5428-5431.

Sartika D, Saluza I, Roswaty. (2020). Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Gulo Puan Desa Bangsal. APTEKMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2):47–54.

Sartika D, Saluza I, Roswaty. (2021). Pemanfaatan Social Advertising sebagai Media Promosi Produk Gulo Puan Makanan Khas Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(3):269–74.

Sartika D, Saluza I, Roswaty. Branding Produk Gulo Puan dan Produk Inovasi Gulo Puan (Puan Candy) sebagai Makanan Khas Palembang dari Ogan Komering Ilir (OKI). In: Seminar Nasional II Hasil Litbangyasa Industri. 2019. p. 212–20.

Sartika D, Saluza I, Roswaty. (2020). Inovasi Produk Olahan Susu Kerbau Rawa (Puan) Menjadi Minuman Fermentasi. In: Seminar Nasional AVoER XII. p. 18–9.

Citra T, Santoso, SB. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi.13(1):67.

Ramadhan AG, Santosa SB. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management. 6(1):1–12.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2799-2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.