PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA FUN THINKERS DALAM BELAJAR FISIKA KREATIF DAN INOVATIF DI PANTI ASUHAN AMALIA ATTOHIR

Syahruddin Aritonang, Nur Sahara, Benny Sofyan Samosir, Yani Sukriah, Fatma Suryani, Heni Mulyani

Abstract


PKM ini membahas pemanfaatan lingkungan belajar yang kreatif dan inovatif di Panti Asuhan Amalia Attohir Kabupaten Tapanul Selatan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kemampuan belajar jasmani warga panti asuhan dan wali atau pengurus panti asuhan. Semoga dengan kegiatan edukasi ini dapat memunculkan kreatifitas dan inovasi bagi Panti Asuhan Amalia Attohir. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu. mensosialisasikan penggunaan media agar peserta memahami cara menggunakan media berpikir yang menyenangkan, tugas atau praktik dan membuat proyek dari media yang digunakan. Ketiga langkah tersebut dilakukan oleh pimpinan dan anggota masing-masing dinas yang menjadi narasumber dan pembantu dalam kegiatan ini. 20 warga Panti Asuhan Amalia Attohir ikut serta dalam operasi tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para penghuni panti asuhan dapat mendorong fisika untuk lebih kreatif dan inovatif serta memberikan keterampilan pembelajaran fisika yang dapat diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Media Fun Thinkers, Fisika, Kreatif, Inovatif

Full Text:

PDF

References


Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., (2020). Pelatihan Penggunaan Media Thinkers Fun pada Pembelajaran IPA SD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.

Murtini L, Aminah N S & Rahardjo D T, 2015. Prosiding Seminar Nasional Fisika Tahun 2015, 6 (3) .

Sahara Nur, (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.