PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA BERBASIS SEL SURYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini mengulas efektivitas pendampingan pembuatan alat peraga IPA berbasis sel surya. Metode yang diadopsi melibatkan dua tahap utama: demonstrasi praktis tentang pembuatan alat peraga dan praktek langsung oleh peserta, disusul dengan pengisian angket untuk mengevaluasi pemahaman dan kepuasan mereka terhadap kegiatan tersebut. Analisis hasil angket menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep energi terbarukan dan motivasi belajar siswa, sambil juga mencatat tingkat kepuasan yang tinggi terhadap proses pendampingan ini. Pembahasan lebih lanjut menyoroti pengaruh positif dari pendampingan ini terhadap pemahaman siswa tentang konsep energi terbarukan serta kemampuan mereka dalam menerapkannya, dengan data yang secara jelas menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sebelum dan sesudah kegiatan pendampingan. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa pendampingan ini berhasil meningkatkan pemahaman, kepuasan, dan motivasi siswa dalam mempelajari IPA, sambil juga membantu mereka mengembangkan minat yang lebih dalam pada aplikasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan yang didapat menekankan pentingnya adopsi pendekatan praktis dan interaktif dalam pembelajaran konsep-konsep ilmiah yang kompleks, terutama di tingkat dasar, untuk merangsang minat siswa dan meningkatkan pemahaman mereka secara menyeluruh terhadap materi yang diajarkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A., Rapi, M., Arif, W. P., Rivai, A. T. O., Zulkarnaim, Z., & Ibrahim, A. (2022). Pendampingan Praktikum Ipa Biologi Peserta Didik Man 2 Barru. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.24252/khidmah.v2i1.26872
Arofatul Maknuna, Dini Agustin, Eva Yolandha, Fahda Bintang, Farah Amelia, Puput Lestari, Rahma Nadhira Putri, W. S. (2024). Permasalahan Dalam Implementasi Teknologi Pembelajaran Ipa Di Sd. 6, 1–7.
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Inayah, A. D., Ristanto, R. H., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2020). Analysis of science process skills in senior high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(4 A), 15–22. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081803
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309
Lee, L. S., Lee, Y. F., Altschuld, J. W., & Pan, Y. J. (2015). Energy literacy: Evaluating knowledge, affect, and behavior of students in Taiwan. Energy Policy, 76, 98–106. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2014.11.012
Lestari, H., Ali, M., Sopandi, W., & Wulan, A. R. (2021). Infusion of Environment Dimension of ESD into Science Learning Through the RADEC Learning Model in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 205–212. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.817
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Educational Props Development for Primary School and Early Childhood Education Teachers: Teachers Satisfaction Aspect. International Journal of Elementary Education, 5(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33237
Rahmiati, W. S. (2024). Pendampingan Gerakan Literasi Sains Untuk. 7.
Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846
Sukmawati, W., Rahmiati, R., Fatayan, A., & ... (2023). Pendampingan Praktikum Ipa Sederhana Di Sekolah Dasar. Martabe: Jurnal …, 6, 3016–3021. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/12258
Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940
Wati Sukmawati, Asep Kadaroman, Omay Suwarna, W. S. (2020). Development of Teaching Materials Based on Conceptual Change Text on Redox Materials for Basic Chemicals on Redox Concept. Edusains, 12(2), 243–251. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf
Wati Sukmawati, R. (2023). Pendampingan Penulisan Buku Ajar. 6(1), 1555–1560.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2337-2343
Refbacks
- There are currently no refbacks.