PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR KEPULAUAN PARI

Ika Yatri, Arum Fatayan, Opi Ingguh Setiani, Alifah Noer

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim, dilaksanakan di SDN Satu Atap 01 Pulau Pari, Kepulauan Seribu, dengan diikuti 24 peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan melangsungkan proses pembelajaran IPAS yang dibantu dengan media pembelajaran Diorama, dengan tujuan agar semangat belajar peserta didik dapat meningkat. Berdasarkan survei kepuasan yang diberikan kepada 24 peserta didik yang menjadi partisipan, maka hasil dari kegiatan ini menunjukkan 25% puas dan 75% sangat puas terhadap penggunaan media Diorama pada pembelajaran IPAS

Keywords


IPAS, Media Pembelajaran, Diorama, Pulau Pari

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071

Ardana Yasa, I. K. D. C., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Fatayan, A., Ayu, S., & Umam, K. (2023). Enhancing learning motivation of university students in Indonesia with the RADEC model and Google Earth. World Transactions on Engineering and Technology Education, 21(2), 128–133.

Fatayan, A., Ghani, A. R. A., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (n.d.). The Dynamics of Learning Loss for Elementary Students Jakarta in the New Normal. 23(6), 196–204.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75334

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Putri, E. N., Asrin, & Nurmawanti, I. (2023). Media Koin Bermuatan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2022–2027. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V9I4.5973

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PAI di Sekolah dan Madrasah. Humanika, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598

Wati, D. P., & Fatayan, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 5193–5200. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I2.1082

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2100–2112.

Yanti Hendrik, M., Sunario Tanggur, F., & Lioba Nahak, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Ips di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 115(2), 115–129.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2233-2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.