EDUKASI PHBS MELALUI CUCI TANGAN UNTUK MENCEGAH KECACINGAN PADA ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN SANTA LUCY TANJUNG SELAMAT MEDAN

David Sumanto Napitupulu, Lindawati Simorangkir, Magda Siringoringo, Ermawaty Arisandi Siallagan, Merlina Sinabariba

Abstract


Tangan merupakan tempat paling nyaman bagi virus, bakteri dan parasit lain untuk hidup, berkembang biak serta menyebabkan penyakit. Anak-anak kebanyakan kurang memperhatikan kebersihan tangan karena anak-anak suka bermain dengan tanah, pegang benda apapun sesuka hati tanpa mencuci tangan dengan sabun. Kebiasaan anak yang tidak memperhatikan kebersihan tangan dapat memicu masuknya kuman ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit, seperti kecacingan, diare dll. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mengetahui tingkat pengetahuan anak tentang PHBS dan Kecacingan. Peserta dalam kegiatan ini adalah Anak Panti Asuhan (APA) St Lucy Tanjung Selamat Medan dengan jumlah 18 peserta. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktek cuci tangan. Evaluasi melalui pre dan post test. Hasil evaluasi sebelum dilakukan edukasi tentang PHBS dan kecacingan adalah mayoritas tingkat pengetahuan peserta adalah baik yaitu sebanyak 15 orang (83,3%). Hasil evaluasi sesudah diberikan edukasi adalah tingkat pengetahuan peserta kategori baik mengalami peningkatan menjadi 17 orang (94,9%). Pengetahuan peserta kategori baik tentang PHBS dan kecacingan mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 11,1%.


Keywords


PHBS, Kecacingan, Edukasi PHBS dan Kecacingan, Panti Asuhan Santa Lucy Tanjung Selamat Medan

Full Text:

PDF

References


Anggraini, N. V., Anggraeni, D. T., & Rosaline, M. D. (2022). Peningkatan Kesadaran PHBS Cuci Tangan dengan Benar pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(4), 1172-1179.

Aryawati, W., Romadon, F. A., & Antika, B. R. (2023). PENYULUHAN PROGRAM PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI PANTI ASUHAN PEDULI HARAPAN BANGSA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 864-868.

Darmawati, I. (2019). Peningkatan Kesehatan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Serta Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. In Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Hijriana, I., Yulidar, Y., & Luciana, L. (2023). Edukasi Perilaku PHBS melalui Cuci Tangan dengan Memakai Sabun sebagai Tindakan Pencegahan Transmisi Penyakit. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(2), 241-248.

Kurniawan, H. (2017). Upaya peningkatan derajat kesehatan pada anak di panti asuhan melalui edukasi perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(1).

Noer, R. M., Sinuraya, N., Panggabean, S. M. U., Kadri, Z., & Satriani, Y. (2021). The 6 Steps of Handwashing Education. International Journal Of Community Service, 1(1), 28-34.

Saputra, A., & Fatrida, D. (2020). Edukasi Kesehatan Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) Berbasis Audiovisual di Panti Asuhan Al-Mukhtariyah Palembang. Khidmah, 2(2), 125-133.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2266-2271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.