PELATIHAN IOT UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUOK UNTUK MENINGKATKAN DAYA KOMPETISI SEKOLAH

Putut Son Maria, Marhama Jelita, Mario Fazero Siregar, Sutoyo Sutoyo

Abstract


SMK Muhammadiyah Kuok adalah salah satu dari empat sekolah menengah yang ada di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dan sekaligus menjadi yang sekolahan yang tertinggal diantara yang lain. Lokasi sekolah ini berada pada titik strategis di komplek akademik tingkat kecamatan namun demikian ternyata minat masyarakat nyatanya sangat rendah untuk mensekolahkan anaknya di sekolah SMK Muhammadiyah Kuok yang hanya berjumlah total dua puluh siswa yang semuanya akumulasi dari kelas X sampai XII. Salah satu faktor penyebab kurangnya minat masyarakat adalah kurangnya daya saing sekolah dan pembekalan materi yang konvensional. Materi yang meningkatkan kompetensi siswa seharusnya menjadi daya tarik bagi masyarakat yang berada di sekitarnya. Sebagai sekolah yang menyediakan kelas jurusan bisnis digital maka materi tentang IoT seharusnya diberikan dan diajarkan kepada siswa agar selaras kurikulum dan seiring dengan era digital yang pesat. Oleh karena itu perguruan tinggi sewajarnya turut mendukung sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran IoT dalam bentuk kegiatan pelatihan. Berdasarkan data kuantitatif isian kuesioner setelah kegiatan pelatihan tercatat bahwa sebagian besar responden menyatakan terjadi peningkatan pengetahuan dan sangat antusias mempelajari IoT.


Keywords


IoT, SMK Muhammadiyah Kuok, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Agus R, Denis R, 2019, ”Sistem Absensi Iot Berbasis Nodemcu Dan Aplikasi Web“, Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika. Vol 3 No 1.

Ariyan Z, I.G Pasek Suta W, Budi I, I Wayan A. A, 2019, ” Pengenalan Teknologi Internet Of Things (Iot) Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Mataram “,Jurnal Abdi Insani, Vol 6, No 1, April.

Atin, S., Maulana, H., Afrianto, I., Hirawan, D., Dwi Agustia, R., Finandhita, A., & Dwiguna Saputra, I, 2023. Pelatihan dan Penerapan IoT Smart Farming Hidroponik Guna Mendukung Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di SMAN 1 Majalaya . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 342-353. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.12570

Edy S, Dede F, 2021, ” Aplikasi Teknologi Internet of Things Pada Pengelasan Logam Sesuai Perkembangan Revolusi Industri 4.0 untuk meningkatkan Hard Skill“ , Jurnal cahaya bagaskara, Vol 6 No 1, Februari.

Eko M, Retno S, Aziz W.N, Imron R, 2022, “Mempersiapkan Lulusan SMK sebagai Inovator Produk Perangkat Cerdas Tepat Guna”, Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 6 No 2, September.

Ida R. N., Andi F., Rachmad A. P., Nirmala S., Salman., 2023, “Penerapan Rancang Bangun Sistem Kualitas Air Berbasis IoT Untuk Meningkatkan Produksi Benih Ikan Lele”, Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6 No 3.

Norma N, Teguh S, Harianto, 2020,” Pelatihan Internet of Things Untuk Guru SMA Tanwir Surabaya Dengan Menerapkan Aturan Social Distancing Pada SMA Tanwir “, Jurnal Karya Abadi, Vol 4 No 3, Desember.

Syauqy, D., Sari, Y. A., Adikara, P. P., Akbar, M. A., & Fitriyah, H. 2020, “Peningkatan Kompetensi Keilmuan IoT Melalui Pelatihan Pengontrolan Perangkat IOT dengan Menggunakan Smartphone untuk Siswa SMK dan SMA di Kota Malang”. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 496-503.

Shinta W., Bunyamin, ohan, Tashia I. N., Risky S., Wati S., 2023, “Pelatihan dan Pendampingan Alat Pemantau kopi Otomatis IoT Petani Desa Gunungmanik Jawa Barat”, Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 6 No 9.

Sukardi, 2004, Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2201-2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.