PENGUATAN IDENTITAS ORANG-ORANG ARAB DALAM MASYARAKAT JAILOLO

Usman Nomay, Nurhidayat Nurhidayat, Rahliani Ngongira

Abstract


Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberikan penguatan identitas orang-orang Arab dalam  masyarakat Jailolo. Dalam kegiatan ini, dilakukan diskusi langsung terkait bagaiamana keberadaan orang-orang Arab di Jailolo tepatnya di desa Payo atau yang disebut dengan Pabos. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan diskusi secara langsung yang dilaksanakan di kantor desa Payo dan dihadiri oleh para perangkat desa, tetua adat, para pemuda dan kaum wanita yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan orang-orang Arab di desa Payo. Selain diskusi, tim PkM juga melaksanakan kunjungan ke makam keramat bersama masyarakat di desa Payo tepatnya di makam keramat Al Habib Umar Albaar beserta keluarganya. Hasil yang didapatkan ialah keberadaan orang- oranng Arab sebagai pembawa dakwah Islam di Jailolo Halmahera Barat tepatnya di desa Payo sudah sangat melekat. Keberadaan para Habaib menanamkan nilai keislaman dalam dakwah yaitu: Menanamkan kepercayaan kepada Allah SWT atau yang lebih dikenal dengan sebutan ilmu Tauhid, yaitu ilmu tentang keimanan yang murni dan tatacara beribadah serta beramal baik sebagaimana yang diisyaratkan dalam Rukun Iman serta Rukun Islam. Menanamkan dan mengamalkan akhlakul karimah, yaitu dengan memberi contoh teladan yang tergambar pada tingkah laku beliau sehari-hari. Sebab dakwah dengan akhlak yang mulia pasti akan melahirkan pribadi muslim yang mulia dengan prilaku yang terpuji seperti sifat saling hormat- menghormati, jujur, tawadhu, rajin, ikhlas dan lain sebagainya. Menumbuhkan kesadaran Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar, menumbuhkan rasa cinta kepada ilmu pengetahuan dan selalu taat kepada guru. Suatu bukti dari masyarakat begitu menghargai para Habaib yaitu foto para Habaib dipajang disetiap dinding rumah sebagai bukti penghormatan mereka.


Keywords


Penguatan, Orang Arab, Jailolo

Full Text:

PDF

References


Amal, T. A. (2004). Politik Syariat Islam: Dari Indonesia hingga Nigeria. Pustaka Alvabet.

Amal, Adnan M. 2010. Kepulauan Rempahrempah Perjalalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Azra, Azyumardi. 1995. Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Jakarta: Mizan.

Fahruddin, M. M. (2014). Transformasi Kultur Pendidikan Islam di Indonesia. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Mando, A. (2018). Islamisasi di Sasupu. Halmahera Barat

Sofyan, S. (2016). Sejarah Awal Islam Masuk di Maluku. Retrieved from NU Online website: https://www.nu.or.id/post/read/71436/sejarahawal-islam-masuk-di-maluku.

.

Thalib, U. (2012). Sejarah Masuknya Islam di Maluku. Ambon: Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Yatim, B. (2002). Sejarah Peradaban Islam Dirasa Islamiyah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

https://www.republika.id/posts/22395/sejarah-dakwah-kaum-habib

Van Den Berg, 2010 Orang Arab Di Nusantara, Jakarta: Komunitas Bambu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2178-2187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.