PITCHING: KELAS INOVATIF BAGI YOUNG ENTREPRENEUR DI SMK NEGERI 1 MAS UBUD

I Gusti Agung Prabandari Tri Putri, Ni Made Sri Utari, Mohamad Maulidin Ravie Paudie, I Putu Aditya Martha Wijaya

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan program kelas kewirausahaan inovatif bertujuan untuk meningkatkan daya pikir, kreativitas, dan inovasi siswa-siswi dalam menghasilkan ide bisnis. Metode PkM yang diterapkan meliputi observasi lapangan, pertemuan dengan mitra, dan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Mitra pengabdian yang dipilih sesuai dengan visi Universitas Primakara dan permasalahan yang dihadapi mitra tersebut. Temuan selama kegiatan observasi khususnya pada mitra pengabdian diketahui bahwa SMK Negeri 1 Mas Ubud berlokasi di Kabupaten Gianyar sudah memiliki mata pelajaran kewirausahaan, namun para siswa belum memiliki motivasi untuk menjadi pengusaha.Entreprenuer mindset sudah seharusnya diajarkan agar generasi muda tidak hanya fokus mencari kerja tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Materi utama kegiatan pengabdian yakni pitching yang memberikan strategi kunci bagi para siswa SMK Negeri 1 Mas Ubud untuk menyampaikan ide bisnisnya secara rinci namun singkat menggunakan the pitch canvas. Strategi pitching dimulai dengan penyusunan Business Model Canvas (BMC), tujuannya agar siswa memiliki analisa mengenai lingkungan bisnisnya. Hasil BMC terdapat 11 ide bisnis meliputi traditional coconut oil, busana adat Bali, dalgona coffee, platform marketing angkringan (angkringan(.)in), cake cokelat, ayam ternak, koding tutor, keripik pisang, tuak jaka, arak mohjito, dan eco bot. Keberhasilan dari kelas kewirausahaan inovatif ini terlihat dari ide bisnis yang dihasilkan, komunikasi para siswa, serta kemampuan siswa dalam menjawab sejumlah pertanyaan. Keterampilan yang diajarkan juga mencakup cara dan teknik berkomunikasi sehingga ketika melakukan presentasi para siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Harapan kedepannya melalui pelatihan pitching ini para siswa memiliki keyakinan diri dalam merealisasikan ide bisnisnya hingga mendapatkan investor yang membantu pembiayan usaha. 


Keywords


pitching, entrepreneurship, innovative class

Full Text:

PDF

References


Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1).

Daspit, J. J., Fox, C. J., & Findley, S. K. (2023). Entrepreneurial mindset: An integrated definition, a review of current insights, and directions for future research. Journal of Small Business Management, 61(1), 12–44. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1907583

Do-Nguyen, Q., & Nguyen, H. T. (2023). Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intention: The Mediating Role of Entrepreneurial Capacity. The International Journal of Management Education, 21(1).

Firman, M., Sunandi, I., Riswanto, A., & Putri, A. (2023). Membantu Anak Muda Mewujudkan Impian Bisnis Mereka: Program Pendampingan Kewirausahaan Bagi Generasi Milenial. Community Development Journal, 4(5), 10088–10095.

Guimtrandy, F., & Burger-Helmchen, T. (2022). The Pitch: Some Face-to-Face Minutes to Build Trust. Administrative Sciences, 12(2), 47. https://doi.org/10.3390/admsci12020047

Jaya, I., Jatiningrum, C., & Gumanti, M. (2023). Pelatihan Digital Enterpreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha bagi Generasi Muda Pada SMK Miftahul Falah Sinar Mulya Kabupaten Pringsewi. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Kryzhanovskij, O. A., Baburina, N. A., & Ljovkina, A. O. (2021). How to Make Digitalization Better Serve an Increasing Quality of Life? Sustainability, 13(2), 611. https://doi.org/10.3390/su13020611

Micieta, B., Fusko, M., Binasova, V., & Furmannova, B. (2020). Business model canvas in global enterprises. SHS Web of Conferences, 74, 02010. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207402010

Putra, I. G. J. E., Artana, I. M., Utami, N. W., Tiawan, & Werthi, K. T. (2021). Digital Scaleup: Pelatihan Pitchingdan Connecting With Ecosystem. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 623–626.

Rahmi, E., Cerya, E., & Friyatmi. (2020). Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMK Melalui Pelatihan Penyusunan Business Model Canvas Berbasis Digital. EcoGen, 3(4), 615–621.

Sabaj, O., Cabezas, P., Varas, G., González-Vergara, C., & Pina-Stranger, Á. (2020). Empirical Literature on the Business Pitch: Classes, Critiques and Future Trends. Journal of Technology Management & Innovation, 15(1), 55–63. https://doi.org/10.4067/S0718-27242020000100055




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2224-2232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.