PENDIDIKAN ISLAM BAGI MASYARAKAT INDUSTRI DI GRESIK

Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani

Abstract


Aspek industrialisasi nampak jelas terjadi dalam seluruh wilayah Gresik termasuk dusun Pedukuhan. Sekarang ini lembaga pendidikan Islam yang identik dengan dunia keagamaan menarik perhatian masyarakat luas terutama warga yang bermukim di daerah industri. Aspek keagamaan menjadi komoditas psikologis yang banyak diminati masyarakat era digital dengan memiliki ciri khas untuk selalu melakukan sesuatu secara terkomputerisasi (berbasis internet). Tujuan program pengabdian ini adalah menjadikan masyarakat mampu memiliki pengetahuan materi pendidikan Islam secara langsung (berbasis pembelajaran) yang terimplementasikan pada nilai kehidupan bermasyarakat. Metode yang digunakan dengan melalui empat tahapan proses pendidikan dimulai dari tahap pertama pengembangan dan konsolidasi, tahap kedua pendidikan dan pembimbingan, tahap ketiga implementasi nilai, dan terakhir tahap keempat evaluasi program. Hasil dari program pengabdian ini yaitu masyarakat terutama dusun Pedukuhan di Gresik memiliki pengetahuan dan pengamalan ajaran Islam secara cukup sehingga mampu menjadi pelopor untuk memiliki kehidupan yang selaras antara keagamaan dan industrialisasi melalui pendidikan Islam.


Keywords


Pendidikan; Islam; Masyarakat; Industri

Full Text:

PDF

References


Asari, H., Mukti, A., & Kahar, S. (2020). Pathways To Islamic Education Renewal In Aceh(A Case Study of Dayah Ma’had al Ulum Diniyyah Mesjid Raya Samalanga). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam (Islamic Education Journal), 14(2), 224–229. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/6661/pdf

Hasanah, U., Hakim, I. U., & Zain, Z. F. S. (2023). Islamic Education in the Society 5.0 Era: Lesson to Learn. IJECA International Journal of Education & Curriculum Application, 6(1), 23–24. https://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/12151

Irham. (2017). Islamic Education at Multicultural Schools. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 142. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/1448/1369

Latief, H. (2022). The Masyumi Networks and the Proliferation of Islamic Higher Education in Indonesia (1945–1965). Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, 178(4), 478–479. https://brill.com/view/journals/bki/178/4/article-p477_5.xml

Mallo, B., Idris, M., Rochaminah, S., & Lefrida, R. (2023). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Keterampilan Abad 21 bagi Guru-Guru SMP Lab School UNTAD. DedikasiMU (Journal of Community Service), 5(4), 375–376. https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/6765/3723

Mubarok, H., Sofiana, N., & Mahendra, D. (2023). Implementasi inovasi e-pesantren untuk pengelolaan pembelajaran pesantren. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 185–186. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/19159/15425

Salim, A. (2023). Islamic Religious Education (PAI) Learning Based on The Independent Curriculum of Elementary School at Yogyakarta. Ta’dib Journal, 26(1), 200. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/9026

Sholikhah, K., Rasyid, M. H., Ekaningrum, I. R., & Ali, M. (2023). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi Perspektif Budaya Islam Nusantara. TA’LIM : JurnalStudi Pendidikan Islam, 6(2), 193–195. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/4286/2576

Sya’bani, M. A. Y. (2022). Penguatan Pemahaman Keagamaan Jamaah Masjid sebagai Basis Pendidikan Islam di Gresik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 2351. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/7627/pdf

Sya’bani, M. A. Y. (2023). Pendidikan Tauhid Melalui Kitab Himpunan Putusan Tarjih di Desa Giri. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1976. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/11405

Sya’bani, M. A. Y., & Amirudin, N. (2021). Implementasi Materi Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Kajian Bulanan bagi Pemuda Gresik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1–2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.755-760




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2207-2217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.