PENGELOLAAN LIMBAH JAGUNG SEBAGAI SALAH SATU POTENSI KERAJINAN KHAS KOMUNITAS MASYARAKAT SAMIN BOJONEGORO

Salsa Diva Illahian, A. Muammar Alawi

Abstract


Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang berperan penting dalam memanfaatkan potensi alam suatu daerah sebagai daya tarik utama. Keindahan alam, keanekaragaman hayati, dan budaya lokal menjadi faktor utama dalam menarik wisatawan. Namun, pertumbuhan pariwisata yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan, terutama dalam hal produksi limbah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara pariwisata, potensi alam, pengelolaan limbah, dan peran kerajinan tangan dalam konteks pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif melalui observasi langsung ke lokasi digunakan untuk mengeksplorasi dampak pariwisata terhadap potensi alam, praktik pengelolaan limbah yang efektif, serta kontribusi kerajinan tangan dalam kegiatan pariwisata dalam mendukung ekonomi lokal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kerajinan tangan memiliki potensi besar dalam memanfaatkan limbah sebagai bahan baku dan menghasilkan produk sebagai cinderamata khas yg memiliki nilai jual. Dengan memanfaatkan potensi alam secara berkelanjutan dan menerapkan praktik pengelolaan limbah yang ramah lingkungan, pariwisata dapat menjadi penggerak ekonomi yang berkelanjutan sambil tetap memperhatikan pelestarian lingkungan. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya integrasi antara pariwisata, pengelolaan limbah, dan industri kerajinan tangan dalam upaya membangun pariwisata yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dengan demikian, kolaborasi antara pemerintah, pelaku pariwisata, komunitas lokal, dan pengrajin dapat menciptakan model pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Keywords


Ekonomi Kreatif, Pengelolaan Limbah, dan Cinderamata

Full Text:

PDF

References


Maulidina Laelatul Luqma, D. S. (2023, Juni). PERAN EKONOMI KREATIF DAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Community Development Journal, 4, 3331-3339.

Ni Luh Putu Anom Pancawati, R. Y. (2023, April). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN POTENSI PARIWISATA. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN AKUNTANSI, 3, 167-178. Retrieved from https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Jebaku

Sari, A. P., Pelu, M., Dewi, I., Ismail, M., Siregar, R., Mistriani, N., . . . Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Viska Inda Variani1, M. Z. (2021). Inovasi Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Menjadi Souvenir Untuk Mendukung Destinasi Wisata Pulau Bokori. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT MEAMBO, 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2145-2152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.