PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA WISATA MINAT KHUSUS KALIWATU RAFTING DESA PANDANREJO

Pige Reta Yofi Oktaviona, Praja Firdaus Nuryananda

Abstract


Pemberdayaan masyarakat di sekitar Kaliwatu Rafting merupakan langkah strategis dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Namun, upaya ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk kesenjangan antara pemahaman konsep kesadaran wisata dan implementasinya dalam tindakan nyata. Selain itu, perilaku yang merugikan lingkungan, seperti pembuangan sampah ke sungai, masih sering terjadi dan memerlukan perhatian serius. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan edukasi yang mengintensifkan mengenai kesadaran lingkungan masyarakat kepada masyarakat setempat. Dengan meningkatkan kesadaran lingkungan, memperkuat kerjasama antara berbagai pihak terkait, serta mengimplementasikan praktik-praktik berkelanjutan, pemberdayaan sekitar masyarakat Kaliwatu Rafting diharapkan dapat berkembang lebih efektif. Langkah-langkah ini tidak hanya akan mendukung keberlangsungan pariwisata, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan menjaga warisan alam yang berharga bagi generasi mendatang.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Pariwisata Keberlanjutan, Kesadaran Wisata

Full Text:

PDF

References


Fathiya Agmariyan Cahyani, K. S. (2024). Peran Perempuan di Desa Wisata Hijau Bilebante terhadap Pariwisata Berkelanjutan . Jurnal Ilmiah Pariwisata, Volume 29 No.1, 68-77.

Herdiana, D. (2019). PERAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS MASYARAKAT . Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 63-86.

Ida Ayu Putu Widiati, I. P. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) Berbasis Lingkungan Pada Fasilitas Penunjang Pariwisata di Kabupaten. KERTHA WICAKSANA: Sarana Komunikasi Dosen dan Mahasiswa, 35-44.

Sarudin, R. (2023). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kampung Saungkuriang Kota Tangerang. JURNAL MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA, 220-228.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata: konsep dan aplikasinya di Indonesia. Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2128-2135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.