“MY PERSONAL VICTORY”: PELATIHAN DARING PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SMA
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat yang terselenggara bersama dengan SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo, Jawa Tengah dikemas dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris bertajuk English Conversation Club dengan tema utama “My Personal Victory”. Program ini dilakukan dari Agustus 2022 hingga November 2022 dengan total enam sesi daring setiap dua minggu, berdurasi 60 menit, dan melalui platform Zoom. Topik untuk lima pertemuan adalah “Dreams (Impian)”, “Talents (Talenta atau Bakat)”, “Physical Health (Kesehatan Jasmani)”, “Mental Health (Kesehatan Rohani)”, dan “Lifelong Learning (Pembelajaran Seumur Hidup)” dengan Celebration of Learning (Perayaan Hasil Belajar) menjadi puncak pertemuan keenam atau terakhir. Meskipun ditinjau dari data tingkat kehadiran dan tingkat penyerahan tugas yang lebih rendah dibandingkan dengan jumlah peserta yang terdaftar, peserta yang aktif dan hadir merasa puas terhadap program ini. Mereka juga menyebutkan bahwa program ini tidak hanya memfasilitasi mereka untuk lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris, tetapi juga dalam menghayati pelajaran hidup yang berharga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J. (2016). A potted history of PPP with the help of ELT Journal. ELT Journal, 71(2), 218–227. https://doi.org/10.1093/elt/ccw055
Bakar, M. A. B. A., & Hashim, H. (2022). Factors affecting learners’ participation through the integration of Padlet in a tertiary ESL classroom. Creative Education, 13(07), 2275–2288. https://doi.org/10.4236/ce.2022.137144
Bappenas. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, maju, adil dan makmur. In Bappenas.Go.Id. Bappenas. https://www.bappenas.go.id/files/Visi Indonesia 2045/Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045_Final.pdf
Chang, B. (2019). Reflection in learning. Online Learning Journal, 23(1), 95–110. https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1447
Harmer, J. (2007). How to teach English. Pearson Education Limited.
Hussin, R. A., Gani, S. A., & Muslem, A. (2022). The use of YouTube media through group discussion in teaching speaking. English Education Journal, 13(1), 33–45.
Jannah, F. (2013). Pendidikan seumur hidup dan implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.19
Khan, I. A. (2011). Challenges of teaching/learning English and management. Global Journal of Human Social Science, 11, 68–79.
Kirkpatrick, A. (2012a). English as an International Language in Asia: Implications for language education (A. Kirkpatrick & R. Sussex (eds.); pp. 29–44). Multilingual Education 1. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4578-0_3
Kirkpatrick, A. (2012b). English in ASEAN: Implications for regional multilingualism. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 33(4), 331–344.
Lew, D. N. M., & Schmidt, H. G. (2011). Writing to learn: Can reflection journals be used to promote self-reflection and learning? Higher Education Research and Development, 30(4), 519–532. https://doi.org/10.1080/07294360.2010.512627
Lie, A. (2007). Education policy and EFL curriculum in Indonesia: between the commitment to competece and the quest for higher test scores. TEFLIN, 18(1), 1–14.
Lon, Y. S. (2019). Membangun manusia seutuhnya: Perspektif agama, kebudayaan dan pendidikan. In Membangun manusia seutuhnya: Perspektif agama, kebudayaan dan pendidikan - 60 tahun ziarah dari kursus pendidikan katekis ke Unika Santu Paulus Ruteng (1959-2019) (pp. 1–20). Penerbit Unika Santu Paulus Ruteng.
Mardiharto, M. (2019). Pembangunan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan agama Kristen. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 28–32. https://doi.org/10.46494/psc.v15i2.56
Nurdiawati, D. (2020). Peranan ekstrakurikuler ESCS (English Student Community of SMANSA) dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa SMA Negeri 1 Purwokerto. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Mempersiapkan Kompetensi Tenaga Pendidik Indonesia Menuju Era Society 5.0, 622–633.
Samad, P., & Munir, F. S. (2022). The utilizing of Mentimeter platform in enhancing the EFL students’ English skills in digital era. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1645–1650. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4380%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/4380/1747
Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta. (2021). Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta. https://www.skkksurakarta.sch.id/
Subekti, A. S. (2020). Training of academic writing for Senior High School English teachers: Formulating research questions. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 432–439. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3894
Subekti, A. S., Ermerawati, A. B., Endarto, I. T., Kurniawati, L. A., Wati, M., Winardi, A., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2022). Introducing varieties of Englishes to High School students at SMA Kristen Kalam Kudus Surakarta through English Conversation Club. Abdimas Galuh, 4(2), 948–965. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.7758
Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan mendesain pembelajaran daring menarik selama pandemi Covid-19 dengan teknologi pembelajaran sederhana. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 588–595.
Subekti, A. S., & Rumanti, M. R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris untuk guru Sekolah Dasar di Yogyakarta di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1077–1086. https://doi.org/10.30653/002.202054.518
Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2019). Pelatihan mengajar dan menulis laporan hasil belajar dalam Bahasa Inggris untuk guru SMP/SMA Tumbuh Yogyakarta. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 89–96.
Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2020). IELTS speaking training for High School teachers in Yogyakarta. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 80–86.
Subekti, A. S., & Wati, M. (2019). Facilitating English Club for high school students: “Life to the max.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 108–116. https://doi.org/10.30999/jpkm.v9i2.572
Subekti, A. S., Winardi, A., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2021). Online English Club for high school students: “Going Global.” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 770–781. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i2.1387
Subekti, A. S., Winardi, A., Wati, M., Ermerawati, A. B., Kurniawati, L. A., Endarto, I. T., Susyetina, A., & Lestariningsih, F. E. (2022). Pelatihan bahasa Inggris bagi guru-guru SMA Bopkri 1 Yogyakarrta: Belajar tidak mengenal batas usia. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1949–1963.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 222. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
Universitas Kristen Duta Wacana. (2017). Nilai-nilai universitas. https://www.ukdw.ac.id/profil/nilai-nilai-ukdw/
Wahyuni, A., & Utami, A. R. (2021). The use of YouTube in encouraging speaking skill. Pustakailmu.Id, 7(3), 1–9.
Winardi, A. . S., Subekti, A. S., & Susyetina, A. (2023). Pembelajaran bahasa Inggris dan nilai kasih untuk siswa SMA melalui kegiatan English Club. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 698–708.
Yulia, Y. (2013). Teaching challenges in Indonesia: Motivating students’ and teachers’ classroom language. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 3(1), 1–16.
Yuniar, A., & Suryaman, M. (2022). Students’ perception of online learning using Quizizz.com as a learning media in learning English. AoEJ: Academy of Education Journal, 13(1), 127–140.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4440-4453
Refbacks
- There are currently no refbacks.