STRATEGI PENGEMBANGAN ABON IKAN TUNA UMKM KEDAI PESISIR DI KOTA PAREPARE

Arfianty Arfianty, Henny Kumaladewi Hengky, Hasdiana Hasdiana, Zaudiah Zaudiah, Nurul Adin Fadillah, Futri Futri

Abstract


Sektor Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) memiliki dominasi yang kuat dalam kegiatan usaha di Indonesia. Maraknya jumlah UMKM yang ada di Kota Parepare menyebabkan persaingan yang cukup kompetitif dengan produksi produk yang sejenis. Kegiatan PKM ini dilakukan di usaha ‘Kedai Pesisir sebagai mitra pengabdian. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Diharapkan mitra dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis termasuk perubahan pasar, promosi produk  melalui media sosial.(2) Peningkatan pengetahuan manajemen keuangan bagi mitra dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan sederhana.(3). Peningkatan inovasi dan diferensiasi produk, bagaimana mitra dapat menciptakan produk yang berbeda dan menarik, sehingga usaha “kedai pesisir” dapat terus bertahan. Metode kegiatan dengan survei kebutuhan mitra, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan produk abon yang lebih inovatif yaitu pengolahan produk ayam dengan pencantuman label kandungan komposisi nilai gizi serta penggunaan aplikasi keuangan BukuKas. Hasil dari monitoring dan evaluasi ini akan digunakan untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian program, sehingga kegiatan pengabdian dapat terus memberikan manfaat yang optimal bagi mitra dan masyarakat luas.


Keywords


Pengembangan, Abon Ayam, Aplikasi BukuKas, Nilai Gizi

Full Text:

PDF

References


Arfianty, A., Rahman, A. W., & Hasdiana, H. (2023). Literasi Keuangan (Financial Literacy) dan Jiwa Kewirausahaan Pada Anak Melalui “Celengan Target” di Sd Muhammadiyah 1 Parepare. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1914-1919.

Djamaluddin, U. (2007). Pengembangan Perikanan Laut berbasis Potensi Wilayah Pesisir di Kota Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin)

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 35-52

Latif, A. (2022). Analisis Pendapatan Usaha Abon Ikan Tuna (Studi Kasus Pada Usaha Umkm Kedai Pesisir Ummi) Kelurahan Cappa Galung Kecamatan Bacukki Barat Kota Parepare. AGROMEDIA: Berkala Ilmiah Ilmu-ilmu Pertanian, 40(1), 1-6..

Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250-264

Mona Zulistina, M. (2019). MUTU ORGANOLEPTIK DAN KANDUNGAN GIZI ABON IKAN TUNA (Thunnus Sp) YANG DITAMBAHKAN PAKIS Pteridophyta) (Doctoral dissertation, Stikes Perintis Padang).

Rahayu, A. (2020). BUKU AJAR: DASAR DASAR GIZI [7] Setiawati, K. E., Lamusa, A., & Laihi, M. A. A. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK

ABON IKAN TUNA PADA CV. RAJA BAWANG DI KOTA PALU. Jurnal Pembangunan Agribisnis (Journal of Agribusiness Development), 2(2), 120-130




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2045-2050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.