MERAWAT TRADISI HAJAT UMUM MASYARAKAT DESA DAGASULI KECAMATAN LOLODA KEPULAUAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Fahima Abd.Gani, Rusli Ikram

Abstract


Keragaman Indonesia merujuk pada keragaman budaya, agama,suku bangsa, bahasa,dan tradisi, dari keragaman tersebut menjadikan Indonesia negara yang kaya dan menjadi pusat perhatian wisatawan asing yang sering menjelajahi wilayah Indonesia untuk melihat secara langsung beragam budaya dan adat istiadat dengan keunikan masing-masing dari masing-masing daerah,   Sehingga Indonesia menjadi salah satu pusat wisata. Tema kegiatan pengabdian ini adalah "Merawat Tradisi Hajat Umum Masyarakat Desa Dagasuli Kecamatan  Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah metode ceramah. Hasil pengabdian Masyarakat ini dapat si simpulkan sebagai berikut :1)Kegiatan hajat umum Masyarakat pada kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara ini menanamkan nilai-nilai aqidah dan social  dalam menjalankan syari’at Islam.2)Meringankan beban Masyarakat dalam pelaksanaan syari’at Islam.3)Mempererat tali silaturrahmi di antara Masyarakat


Keywords


Tradisi, Hajat, Umum

Full Text:

PDF

References


Kambose, I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Hajat Umum di Desa Salube Kecamatan Loloda Kepulauan Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara (Doctoral dissertation, IAIN Ambon).

Manan, A., & Munir, A. (2016). Nilai-nilai pendidikan dalam ritual daur hidup masyarakat Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan.

NUANSA, T. B. D., & DEMAK, P. T. M. LEBARAN MAULID.

Notonegoro, A. (2020). Islam Blambangan: Kisah, Tradisi dan Literasi. Batari Pustaka.

Pujiyanto, R., & Muslihudin, M. (2023). Tradisi Muludan serta Implikasinya terhadap Kehidupan Sosial dan Keagamaan Perspektif Fenomenologi Edmund Husserl. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 9-17.

Rahayu, P. (2019). Tradisi-tradisi islam nusantara perspektif filsafat dan ilmu pengetahuan. Formaci.

Ramadan, A. (2023). Khataman Al-Qur’an Dalam Kegiatan Gema Sholawat Bumi Siman PAC IPNU IPPNU Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo (studi living Qur’an) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Sasmita, W. (2018). Tradisi upacara ritual siraman sedudo sebagai wujud pelestarian nilai-nilai sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 207.

Setiyawan, A. (2012). Budaya Lokal Dalam Perspektif Agama: Legitimasi Hukum Adat (‘Urf) Dalam Islam. Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 13(2), 203-222.

Widayarti, S. (2020). Wawasan Nusantara. Alprin.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.1997-2005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.