OPTIMALISASI KARAKTER RENDAH HATI INTELEKTUAL (INTELLECTUAL HUMILITY) DALAM PREVENSI BULLYING DI SEKOLAH

Rohmatus Naini, Dian Ari Widyastuti, Arif Budi Prasetya, Diki Herdiansyah, Anty Kunanti, Nurul Hanifah Puteri, Khusnul Hanifah, Zulfatin Rahmahani

Abstract


Bullying merupakan permasalahan kompleks yang menimpa banyak individu dan memerlukan upaya komprehensif untuk mencegah dan mengatasinya secara efektif. Penting untuk mengatasi masalah ini dari sudut pandang pelaku dan korban. Tindakan preventif dan kuratif diperlukan untuk mengatasi masalah ini secara efektif. Maka dari itu program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter rendah hati sebagai program anti-bullying di sekolah merupakan langkah yang tepat. Adapun metode pelatihan yang digunakan yaitu menggunakan metode klasikal atau interaksi langsung/tatap muka melalui sesi ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kegiatan pelatihan dalam agenda pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari program ini menunjukan bahwa pelatihan peningkatan karakter rendah hati terbukti efektif sebagai program anti-bullying di sekolah, walaupun hasilnya tidak terlalu signifikan. Sehingga upaya tindak lanjut sangat diperlukan untuk memperkuat hasil dari program pelatihan ini. Adapun upaya tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh sekolah yaitu seperi membentuk tim anti-bullying, menerapkan kebijakan anti-bullying, membentuk kelompok sosial seperti konselor sebaya, meningkatkan partisipasi orang tua, konseling individu dan kelompok.


Keywords


rendah hati intelektual, perundungan, remaja.

Full Text:

PDF

References


Agisyaputri, E., Nadhirah, N., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 19–30.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.

Ansor, Z., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Cendekia Pendidikan, 1(1), 20–31.

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Gambaran tindakan bullying pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18–31.

Carter, J. A. (2013). The Inquiring Mind: On Intellectual Virtues and Virtue Epistemology. Blackwell Publishers Ltd Oxford, UK and Boston, USA.

Exline, J. J., & Hill, P. C. (2012). Humility: A consistent and robust predictor of generosity. The Journal of Positive Psychology, 7(3), 208–218. https://doi.org/10.1080/17439760.2012.671348

Irmayanti, N., & Agustin, A. (2023). Bullying dalam prespektif psikologi (teori Perilaku). Global Eksekutif Teknologi.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.

Khaira, W. (2023). Does Bullying Behavior Impact the Victim’s Mental Health? The Lunarian, 1(2), 10–21.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. Deepublish.

Owens, B. P., Johnson, M. D., & Mitchell, T. R. (2013). Expressed Humility in Organizations: Implications for Performance, Teams, and Leadership. Organization Science, 24(5), 1517–1538. https://doi.org/10.1287/orsc.1120.0795

Peters, A. S., Rowat, W. C., & Johnson, M. K. (2011). Associations between dispositional humility and social relationship quality. Psychology, 2(03), 155.

Putra, P. H., & Novelan, M. S. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknovasi, 7(1), 1–7.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367.

Stafford, S. P. (2010). Intellectual virtues in environmental virtue ethics. Environmental Ethics, 32(4), 339–352.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Tangney, J. P. (2000). Humility: Theoretical Perspectives, Empirical Findings and Directions for Future Research. Journal of Social and Clinical Psychology, 19(1), 70–82. https://doi.org/10.1521/jscp.2000.19.1.70

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2016). Perilaku bullying di sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/37/31

Ulfa, K. N., & Syahrizal, M. (2016). Perancangan Aplikasi Prediksi Jumlah Siswa Baru pada Yayasan Cerdas Murni menggunakan Exponential Smoothing. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(6).

Waliyanti, E., & Kamilah, F. (2019). Bullying of adolescent in Yogyakarta: Responses and impacts. JKKI: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 265–270.

Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena perilaku bullying pada remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 2(1), 50–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1493-1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.