PELATIHAN PRAKTIK CUSTUMER SERVICE BAGI MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH STEBIS IGM

Fadilla Fadilla, Choirunnisak Choirunnisak, Ruslaini Ruslaini

Abstract


Pentingnya peran customer service bagi sebuah perusahaan terutama perbankan menjadikan posisi customer service mendapatkan perhatian yang lebih dalam dunia perbankan. Banyak pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh perusahaan agar Customer Service dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah atau pelanggan, sehingga nasabah akan kembali lagi  menabung. Kami selaku dosen merasa perlu memberikan pelatihan kepada Mahasiswa perbankan Syariah STEBIS IGM tentang bagaimana menjadi customer service yang baik mengingat skill tersebut sangat dibutuhkan bagi lulusan Perbankan. Pelatihan ini dilakukan di Lantai 6 Gedung UIGM selama 4 hari yaitu dari tanggal 21 sampai 23 Februari 2024 diikuti oleh 15 orang mahasiswa. Mahasiswa diharuskan mempraktikan bagaimana cara customer service melayani nasabah yang datang. Setelah pelatihan ini diharapkan  mahasiswa tahu tugas, peran dan tanggung jawab seorang custumer service.


Keywords


Pelatihan, Customer Service, Mahasiswa STEBIS IGM

Full Text:

PDF

References


Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

Dzikiryantos, K., & Rochim, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Pelanggan. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 324–332. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1803

Hariyanti, P., & Utari, R. (2013). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 1, Oktober 2013. Jurnal Komunikasi, 8(1), 79–90.

Jayengsari, R., Yunita, R., & Maloka, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bjb Kcp Cipanas. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(1), 11. https://doi.org/10.35194/arps.v1i1.1291

Lumbantobing, V. M. (2016). Peranan Komunikasi Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Lintas Semesta Surabaya. Jurnal Komunikasi, 9(1), 13–20. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1148

Marlius, D., & Putriani, I. (2020). Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan Cabang Painan Dilihat dari Kualitas Layanan Customer Service. Jurnal Pundi, 3(2), 111. https://doi.org/10.31575/jp.v3i2.151

Rusmawati, Y. (2018). sebesar 194,656. Secara parsial indikator reliabilithy berpengaruh signifikan dengan hasil signifikasi 0,000 dan t. XIX, 1092–1100.

Saputro, R. F., Purwanto, E., & Pertiwi, T. K. (2019). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Konsumen pada Layanan Customer Service di Studio Adventure Surabaya. Prosiding Senama 2019 , 74–81. https://repository.upnjatim.ac.id/437/1/rizky febriawan saputro.PDF

Yanti, D. N. P. (2013). Kualitas Komunikasi Pelayanan Customer Service di PT. Indosat, Tbk Balikpapan. Ilmu Komunikasi, 1(2), 39–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1897-1902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.