PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI METODE EER (EMPOWERING, ENABLING, REFLECTION) UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH JEPARA

Hamidaturrohmah Hamidaturrohmah, Santi Andriyani

Abstract


Lingkungan sekolah ramah anah sebagai salah satu upaya untuk menjamin kesejahteraan anak di masa depan. Sehingga implementasinya perlu didukung agar dapat optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mewujudkan sekolah ramah anah di MIN 1 Jepara. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah EER (empowering, enabling, reflection). dengan 3 tahapan yaitu pertama, tahap empowering yang meliputi sosialisasi dan capacity building mitra tentang esensi sekolah ramah anah dan pemenuhan hak anak. Kedua, tahap enabling meliputi motivasi dan pendampingan guru. Ketiga, tahap reflection meliputi monitoring evaluasi dan refleksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan ini mampu memberikan wawasan pemahaman mitra tentang sekolah ramah anah sebesar 91%. Sementara pemahaman mitra terkait proses legalisasi sekolah ramah anah diperoleh hasil 84%. Aspek kebermanfaatan pengabdian ini diperoleh hasil 84% yang berarti guru mampu memahami cara pembuatan perencanaan pembelajaran yang mengakomodir pemenuhan hak anak. Kegiatan pengabdian ini juga dapat memberikan motivasi dan support power bagi guru dalam mewujudkan pembelajaran yang ramah, aman, nyaman tanpa kekerasan dengan persentase 87%. Sehingga ada kontribusi nyata dan positif terkait implementasi program pengbadian ini pada mitra yaitu meningkatnya kompetensi guru dalam mewujudkan sekolah ramah anah.


Keywords


kompetensi, guru, sekolah ramah anak

Full Text:

PDF

References


Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., M, ‪Iswantir, & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803–6812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130‬‬

Andriyan, D., & Trihantoyo, S. (2021). Pengelolaan Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 689–694.

Chairiyah. (2021). Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1213–1218.

Evianah. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3216–3224.

Hamidaturrohmah. (2020). Implementasi Pembelajaran Dengan Konsep Ramah Anak Dalam Membangun Empati Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 132–142.

Nasir, M., Mydin, A.-A., Ghani, A., & Abdullah, K. (2023). Empowering Teachers: A Catalyst for Elevating Teaching Effectiveness in the Maldives Empowering Teachers: A Catalyst for Elevating Teaching Effectiveness in the Maldives. Article Information. International Academic Research Journal of Social Science, 9(2), 56–85. https://www.researchgate.net/publication/374265792

Ningrum, D. P., Afif Wahyudin, N., Fauziyah, R. I., Safitri, V. Y., Zulfahmi, M. N., Islam, U., & Jepara, N. U. (2023). Sekolah Ramah Anak Sebagai Perwujudan Harapan Bangsa. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 171–178. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.830

Sibuea. (2023). Pengaruh Program Pelatihan dan Pengembangan Guru terhadap Kualitas Pelayanan Prima Sekolah di Indonesia. 11(3), 2023–1039. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.939

Sri Wahyuni Alwi Rajab, S. T. (2022). Kontribusi Program Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di Smp Negeri 6 Makassar. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 2(1), 129–133.

Wulandari. (2019). Analisis Program Pemerintah Desa Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 6(1), 36–47.

Wulan Sari, M., Nurhayati Adhani, D., Busyro Karim, M., & Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P. (2021). Peran Guru Dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak Di Tk Ykk 1 Bangkalan. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1839-1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.